Tips, Trik, dan Tutorial

10 Jenis Racun Tikus Paling Ampuh yang Ada di Sekitarmu

CIANJURTODAY.COM, Tips – Inilah 10 racun tikus yang ampuh untuk mengusir dan membunuh tikus. Kehadiran tikus tentunya menganggu, karena selain suaranya yang berisik hewan ini juga jorok. Bukan hanya itu, kita juga pastinya dihantui rasa takut jika barang-barang di rumah dirusak.

Terkadang obat tikus yang ada nggak mempan sama sekali. Entah karena tikusnya yang udah kebal atau racunnya kurang manjur. Mungkin beberapa racun di bawah ini bisa jadi solusi untuk bantu membasmi tikus pengganggu di rumah atau kantormu.

Kamper

Tikus memang paling tidak suka dengan hal yang memiliki bau menyengat. Salah satunya adalah kamper yang pasti memiliki bau atau wangi. Kamper bisa jadi pilihan tepat digunakan untuk pengusir tikus. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp15 ribu per bungkus.

Cara pemakaiannya juga mudah, cukup letakkan kamper di daerah yang sering dilewati tikus. Dengan begitu, tikus akan tetap kapok dan memilih untuk pindah. Keuntungan memakai kamper ini selain tikus pergi, rumah juga akan bertambah wangi.

Petrokum Brodifakum

Petrokum Brodifakum berbeda dengan obat yang lain. Itu karena obat pembasmi hewan ini bisa membunuh tikus sampai mati bahkan kering dan tidak menimbulkan bau sama sekali. Selain itu bisa digunakan untuk semua jenis tikus yang ada. 

Cara pemakaiannya adalah gunakan sarung tangan untuk memotong racun tikus tersebut. Kemudian potonglah 2-3 bagian saja dan simpan di lokasi yang sering dilalui oleh hewan tersebut. Untuk harganya pun cukup terjangkau, yakni berkisaran Rp 15 ribu sudah bisa pulang.

Mao Wang

Mao Wang ini merupakam produksi asal negara Cina. Beberapa kelebihannya antara lain dapat membebaskan tikus saat ini juga sampai mati kering, lalu bentuknya yang sudah siap saji bisa langsung digunakan tanpa harus dipotong-motong lagi. Harga Mao Wang, kamu cuma bisa merogoh kocek sekitar Rp 20 ribu saja.

Penggunaannya cukup sebar sekitar 10 butir obat itu di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Jangan lupa beri air di dekat lokasi itu karena mau minta tikus besar mau minum setelah makan Mao Wang ini. Hal yang perlu dibicarakan adalah jangan tempatkan pembicaraan di lokasi yang harus dilakukan agar kamu bisa cepat mendapatkan bangkai tikus tersebut.

Racun tikus cair

Obat pembasmi ini cukup banyak dipasarkan di toko, racun tikus ini berupa botol gepeng. Itu karena obat ini tak ada namanya. Racun ini juga banyak dicari karena sangat mudah untuk diaplikasikan daripada obat pembasmi yang lain. Harga yang terjangkau juga menjadi ketertarikan konsumen untuk membeli produk ini. Produk ini dapat dibeli dengan harga Rp25 ribu per botol.

Cara penggunaannya cukup menggunting bagian dari racun tikus ini. Kemudian teteskan obat pembasmi untuk umpan yang ingin diberikan kepada tikus. Tapi yang perlu diterjemahkan adalah teteskan secukupnya saja karena racun tikus ini sudah siap maksimal digunakan hanya sedikit.

Dora

Dora merupakan dari bahan obat pembasmi yang dibuat agar hewan pengerat ini terus menerus berlanjut akibatnya. Bentuknya yang besar, akan semakin menarik perhatian tikus demi kebutuhannya.

Cara penggunannya cukup siapkan 1 gram obat tersebut ke dalam wadah dan diletakkan di tempat berkeliaran tikus. Jika sudah habis, ditambah lagi. Penambahan racun tikus ini dilakukan hingga hewan itu tak perlu ditambahkan lagi. Itu pertanda kalau tikus sudah mati. Untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi mulai Rp 9 ribu hingga Rp 35 ribu.

Racun Tikus Alami

Selain jenis-jenis racun tikus di atas, kamu juga bisa gunakan racun tikus alami. Gunakan beberapa bahan alami yang tidak kalah ampuh untuk membasmi tikus-tikus yang berkeliaran.  Apa saja itu? Berikut bahan-bahan mudah yang pastinya kamu punya dan tentunya bisa digunakan untuk basmi tikus.

Bawang

Bumbu dapur mampu membasmi tikus dengan cara Iris beberapa bawang putih hingga kamu rasa cukup. Kemudian, bungkus bawang putih ke dalam kain kasa. Setelah dibungkus, letakkan bungkusan bawang putih yang telah dilapisi kain kasa ke daerah yang sering dihampiri tikus. Diamkan selama beberapa hari dan tikus tak akan berani datang lagi.

Cengkeh

Cengkeh yang kamu gunakan harus berupa cengkeh yang sudah kering. Kamu bisa menggunakan cengkeh yang dilapisi dengan bungkusan kain kasa untuk mengusir tikus. Kemudian, simpan cengkeh yang telah dilapisi kain kasa ke sudut-sudut tertentu yang kamu curigai sebagai sarang tikus.

Kulit Telur

Jangan salah, ternyata limbah dapur yang sering kita temui ini bisa menjadi sangat bermanfaat. Yakni memanfaatkannya sebagai salah satu cara membasmi tikus dengan kulit telur. Kulit telur ternyata memiliki lapisan kapur yang menyusun 9 – 12 persen dari berat telur secara total.

Cara penggunaannya, kamu tinggal pisahkan kulit telur dengan telur sebanyak-banyaknya atau secukupnya. Haluskan semua kulit telur tersebut hingga menyerupai bubuk. Berikutnya, taburkan bubuk kulit telur ini di tempat yang kamu curigai akan keberadaan tikus. Bubuk ini akan dapat membunuh tikus saat terkena. Tikus akan langsung menggeliat beberapa saat, berputar dan berbalik, hingga akhirnya mati.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi tidak hanya bisa diminum saja, tapi ternyata mampu mengusir tikus yang bandel. Kopi mampu menyamarkan indera penciuman tikus. Bau yang tajam dari bubuk kopi, membuat tikus akan menghindari daerah yang ada bubuk kopi tersebut.

Cara membasmi tikus dengan bubuk kopi sangat sederhana. Taburkan bubuk kopi di daerah yang biasanya tikus datang. Diamkan beberapa hari, ulangi jika baunya dirasa sudah mulai memudar. 

Cuka

Cuka memang terkenal efektif untuk membasmi serangga seperti semut dan lain sebagainya. Siapkan bahannya yaitu bola kapas, cuka, dan mangkuk. Cara menggunakannya kamu tonggal ambil bola kapas lalu siramkan sedikit air cuka ke bola kapas tersebut.

Kemudian simpan satu bola kapas di setiap area yang dicurigai sebagai jalur keluar masuk tikus didalam rumahmu. Lakukan hal ini secara rutin, jika kamu menemukan bola kapas yang sudah kering dan sudah tidak ada bau cuka lagi. Ganti bola kapas tersebut dengan bola kapas yang baru. Jangan lupa sebelumnya lumuri dengan air cuka terlebih dahulu ya.

Nah, itulah 10 racun tikus ampuh untuk usir hingga matikan tikus. Mulai dari yang obat tikus yang dipasarkan, hingga yang bisa kita buat sendiri di rumah. Semoga kamu bisa coba dan dapatkan hadil maksimanya yah!.(ct4/rez)

Dari berbagai sumber

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami