Tips, Trik, dan Tutorial

10 Tips Mengecilkan Perut Buat Kamu yang Buncit

CIANJURTODAY.COM – Tips mengecilkan perut buncit memang paling baik dilakukan dengan berolahraga. Tetapi, langkah lain seperti mengatur makan dan mengonsumsi makanan tertentu juga bisa mendukung kamu mendapatkan perut idaman.

Kalau kamu mau mendapatkan perut yang rata, mulailah lakukan cara mengecilkan perut di bawah ini secepat mungkin.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Perbanyak konsumsi serat

Serat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk makan lebih banyak atau ngemil, paati akab berkurang.

Serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih buncit.

Membatasi makan karbohidrat

Karbohidrat memang sangat dibutuhkan sebagai sumber energi untuk tubuh. Namun untuk menjaga perut tetap rata, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar biasa, atau pasta.

Karena sebagian besar karbohidrat sederhana akan diubah menjadi glukosa atau gula. Kalau kamu mengonsumsi gula lebih dari yang seharusnya, maka kelebihan gula tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Menambah asupan protein

Mengonsumsi protein akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, pada umumnya akan memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.

Mengurangi asupan kalori

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan kamu mengurangi asupan kalori harian, supaya berat badan berlebih pun bisa berkurang, begitu juga dengan ukuran perut.

Kalaupun begitu, bukan berarti kamu harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab kalau terlalu sedikit kalori yang masuk, maka metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, maupun penyerapan nutrisi pun akan melambat.

Membatasi garam

Salah satu cara mengecilkan perut yang efektif adalah dengan membatasi asupan garam. Terlalu banyak mengonsumsi garam juga bisa membuat penyerapan air di tubuh jadi terganggu, sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di area perut. Hal ini akan membuat perut kembung dan terlihat buncit.

Kaluan bisa mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan garam laut yang lebih rendah sodiumnya atau menambahkan rempah-rempah pada makanan agar rasanya lebih lezat.

Mengurangi gula

Gula juga salah satu penyebab paling umum seseorang memiliki perut buncit. Jadi, membatasi asupan gula bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut yang efektif.

Menginsumsi gula berlebih biasanya didapatkan dari minuman-minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah. Maka sebaiknya kalian menghindari minuman tersebut kalau ingin memiliki perut yang rata.

Minum air putih yang cukup

Dengan banyak minum air putih bisa mencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh.

Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum makan juga akan membantu kalian merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makan bisa dibatasi.

Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu berbagai fungsi di tubuh, termasuk dalam pembakaran dan distribusi lemak. Kamu bisa mendapatkan probiotik dari makanan ataupun minuman yang difermentasi seperti tempe, yogurt, atau kimchi.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang perlu diperhatikan. Karena, ketika seseorang kurang tidur, keseimbangan hormon di tubuhnya akan berubah dan membuat mereka menjadi lebih cepat lapar.

Jadi, jika ingin menghilangkan perut buncit sambil menurunkan berat badan, tidurlah yang cukup yaitu 7-9 jam seharinya.

Kurangi stres

Orang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga, orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badan.

Untuk mengurangi stres, kamu bisa berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker