Update Covid-19

13 Istilah Terkait Virus Corona, Apa Itu Pandemi dan Suspect?

CIANJURTODAY.COM – Berikut adalah 13 istilah terkait Virus Corona atau Covid-19. Misalnya apa itu ODP, PDP, Lockdown, Pandemi, dan lain-lain berikut artinya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia tengah menghadapi satu wabah virus yang cukup mengerikan. Corona atau Covid-19 merupakan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, yang menyerang saluran pernafasan.

Virus Corona memang menjadi perhatian masyarakat. Meski memiliki gejala layaknya penyakit ringan, namun virus ini dapat menyebabkan kematian.

Setelah kemunculannya beberapa waktu lalu, banyak istilah terkait virus Corona yang mungkin anda masih bingung terkait maknanya. Nah berikut kami rangkum istilah-istilah terkait virus Corona. Berikut ulasannya!

1 ODP (Orang Dalam Pemantauan).

ODP merupakan orang yang memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi orang tersebut tidak punya kontak erat dengan penderita positif. ODP biasa juga tidak perlu melakukan rawat inap, namun tetap harus melakukan isolasi sendiri.

2 PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

PDP merupakan orang yang memiliki gejala seperti demam, batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan. Termasuk saluran nafas bawah yang terganggu. Selain itu terjadi kontak erat dengan penderita positif atau dari daerah yang terjangkit.

ODP biasanya akan menjalani proses observasi melalui proses cek laboratorium. Kemudian hasilnya akan dilaporkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI.

3 Suspect (diduga telah terpapar virus).

Bukan tanpa alasan beberapa orang dinyatakan sebagai Suspect. Ini adalah orang dengan pengawasan yang menunjukkan gelaja infeksi Corona, memiliki riwayat perjalanan ke daerah yang menjadi lokasi pesebaran Corona, dan melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19.

Suspect hampir sama dengan PDP, mereka akan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

4 Positif (terjangkit, setelah dites melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain).

1 2Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker