ABOUT DESA

165 Warga Mekargalih Terima BLT Dana Desa Tahap Pertama

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Sebanyak 165 Keluarga Penerima Manpaat (KPM) Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur terima Bana Bantuan Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap 1 Tahun Anggaran 2020, Jumat (3/7/2020). Mereka pun antre di Aula Kantor Desa Mekargalih dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kepala Desa Mekargalih, Taryat Bibrata, menjelaskan, BLT Dana Desa (DD) tahap 1 ini diterima warga yang tidak pernah mendapatkan bantuan sosial apapun dari pemerintah. Bantuan dibagikan langsung pada tiap KPM melalui Bank Jabar Banten (BJB) senilai Rp600 ribu.

Namun para penerima bantuan diminta mematuhi protokol kesehatan yang dipandu aparatur desa, BPD, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. “Seluruh KPM diwajibkan menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu, dan duduk dengan jaga jarak,” paparnya kepada Cianjur Today, di sela kegiatan.

Ia bersyukur karena selain tertib dan lancar, seluruh KPM disiplin mengikuti anjuran protokol kesehatan. Taryat berharap pada pembagian BLT Dana Desa tahap berikutknya juga lancar.

“Setelah selesai pembagian BLT tahap 1, dalam waktu dekat akan segera mengajukan dana BLT DD tahap dua pada pihak dinas terkait, supaya dibagikannya lebih cepat pula,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Mekargalih, Asep (45), memberikan apresiasi pada Pemerintah Desa Mekargalih. Namun di balik itu ia memberikan saran karena ada beberapa hal kinerja desa yang harus diperbaiki.

“Seperti halnya membagikan BLT, waktunya jangan terlalu molor dan KPM harus benar selektif. Jangan ada kesan double bantuan,” tuturnya.

Pemberian bantuan juga jangan memancing cemburu sosial warga kurang beruntung lainnya yang tidak mendapatkan bantuan sosial. “Diharapkan BLT DD tahap berikutnya tepat waktu, lancar, dan aman seperti yang telah dilaksanakan sekarang,” tandasnya.(ct5/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker