Jabar

2.200 Sekolah di Jabar Masuk Kategori Aman Menggelar PTM

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Sebanyak 2.200 sekolah dari 383 kecamatan di Jawa Barat masuk ke dalam kategori aman untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Jumlah tersebut merupakan hasil analisis dari angka penyebaran Covid-19, angka kepadatan penduduk per sekolah, dan daya tangkap sinyal internet.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, di dalam 383 kecamatan tersebut terdapat 2.200 sekolah yang terdiri SMA, SMK, dan SLB.

“Dari sekitar 2.200 yang mengajukan, untuk saat ini kalau kita lihat dengan pengkategorian klaster ada sekitar 383 kecamatan dikategorikan aman untuk pembelajaran,” ucap Kadisdik Jabar Dedi Supandi, Selasa (6/4/2021).

Dedi mengatakan, persiapan ini mulai dari simulasi dan sarana prasarana pencegahan Covid-19 telah dilakukan. Nantinya jarak antar siswa di sekolah tersebut sekitar 1,5 meter. Sedangkan jumlah siswa maksimal 50 persen dari biasanya, misalnya satu kelas ada 36 siswa, maka PTM hanya bisa dilakukan dengan 18 siswa.

Terkait jam pembelajaran yang harus sesuai dengan aturan. Jam pembelajaran di sekolah harus melakukan empat jam dengan kapasitas rombongan belajar (rombel) dengan shift.

“Dalam kondisi PTM seperti ini, sebetulnya kami Disdik Jabar dan satuan pendidikan di sekolah, lebih pada menyediakan layanan. Layanan yang disediakan itu apabila pembelajaran tatap muka ini diberlakukan dan kita sudah siap, dan apabila PJJ diberlakukan juga kami juga sudah siap. Artinya orang tua atau wali siswa dapat untuk memilih apakah PTM atau PJJ,” bebernya.

Pihaknya berupaya agar seluruh satuan pendidikan dan tenaga pendidik yang hendak melaksanakan PTM divaksinasi Covid-19.

“Saya berharap, untuk para orang tua siswa, mari kita bersama-sama memastikan tiap anak itu di Jabar belajarnya aman dan sehat,” ucapnya.

Selain itu, ia pun menyampaikan kepada pihak sekolah untuk bisa memanfaatkan ruang terbuka sebagai lokasi PTM.

“Kepada teman-teman, bapak/ibu kepala sekolah, kalaupun pada saat PTM, kami mempersilahkan sekolah untuk bisa memanfaatkan ruang terbuka sebagai tempat PTM,” tandasnya.(sis/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami