fbpx
MENUJU PILEG 2019

Daniel Tumiwa : Dengan Teknogi, Petani Ikan KJA Bisa Sejahtera Walaupun Minim Kolam

No ratings yet.

CIANJURToday – Penasihat Paket Ekonomi Kebijakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Daniel Simeon Tumiwa berencana bakal menerapkan teknologi bagi eks peternak ikan tradisional di Waduk Cirata, yang kolamnya tereksekusi.

Teknologi ini, disebutkannya, bisa menjadi solusi bagi para eks petani ikan yang sudah tidak mempunyai kolam di Waduk Cirata. Bermodalkan kolam yang minim, kecanggihan teknologi dianggapnya bisa meningkatkan produksi ikan.

“Tadi saya bertemu dengan para petani ikan, di Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon. Mereka sangat mengharapkan penghidupannya di bidang peternakan ikan masih bisa dijalankan. Maka dari itu teknologi peternakan akan jadi solusinya,” ungkapnya Daniel, kepada Cianjurtoday.com Sabtu (15/12/2018).

Menurutnya, upaya pengembalian kepemilikan kolam bagi petani tersebut, adalah hal yang sulit dilakukan. Mengingat, pemerintah pusat beserta TNI tengah melakukan pelestarian lingkungan.

“Saya optimis teknologi canggih yang rencananya disiapkan untuk petani ikan ini, bisa mengoptimalkan lahan yang kecil, tapi mempunyai hasil produksi yang banyak,” kata Daniel.

Kata dia, pada era digital ini, teknologi mampu membantu banyak kehidupan manusia sehari-hari. Termasuk salah satunya, sebagai penopang roda perekonomian masyarakat.

“Selain teknologi yang akan meningkatkan produksi, pemanfaatan teknologi digital juga berguna untuk memasarkan hasil produk petanj ikan,” jelasnya.

Melalui pemasaran produk yang baik, dan langsung ke pembeli, menurut Danil, adalah faktor utama yang akan meningkatkan kesejahteraan para petani. Pasalnya, pemasaran langsung akan memotong mata rantai yang biasa dimainkan oleh para pemborong.

“Kami juga bakal dukunh petani untuk memberdayakan handphone miliknya, supaya bisa memasarkan dan menjual langsung hasil produksinya tanpa ada perantara,” bebernya.

Daniel berjanji kepada para petani, untuk menyampaikan solusi ink kepada Presiden Jokowi. Dia berharap, hal ini mampu didengar dan segera direspon oleh presiden.

“Saya akan tampung keluhan masyarakat yang kemudian akan saya sampaikan pada presiden Jokowi untuk dicari solusinya sama-sama, agar petani tidak merasa dirugikan dan kita akan berusaha menstabilkan Jangari seperti kemarin-kemarin meski tidak 100 persen,” pungkasnya.(riz)

Nilai Kualitas Konten

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: