TODAY

Serupa Tapi Tak Sama, Peredaran HP Replika Bikin Resah

No ratings yet.

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ini menjadi peringatan bagi warga Cianjur agar hati-hati saat membeli HP. Akhir-akhir ini banyak HP tiruan atau replika seperti supercopy, king copy, dan Kw Ori yang marak dijual di pasaran.

Selain menawarkan harga yang sangat murah, HP jenis ini juga umumnya mempunyai bentuk yang hampir sama dengan original. Para pembelli yang awam bisa saja tertipu oleh HP replika yang tampilannya sangat mirip dengan hape original.

“Peredaran HP replika sangat meresahkan apalagi tidak memiliki garansi, karena biasanya dijual di pasar gelap serta tidak resmi. Banyak sekali jenis replikanya,” ujar Lucky, seorang warga yang akan membeli HP di sebuah konter di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto.

Harga yang ditawarkan umumnya jauh lebih murah dibanding HP original. Namun kualitas dan fitur yang jauh dari HP original.

“Kalau di online shop harga dan keterangan sudah jelas, tapi apabila sudah masuk peredaran konter harga biasanya tidak jelas dan konter mematoknya dengan harga tidak jauh beda dengan barang ori. Kalau konsumen awam jelas bisa tertipu,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Budi, seorang pemilik konter. Dia menuturkan, tidak hanya konsumen yang bisa tertipu tapi pemilik konter yang biasa melakukan transaksi jual beli juga bisa tertipu HP replika.

“Kalau tidak teliti kami juga bisa tertipu oleh konsumen yang menjual HP di tempat kami. Apalagi replika super copy dan king kopy karena memiliki tampilan 99 persen menyerupai aslinya,” tuturnya.

Budi berharap ke depannya pemerintah terkait bisa menindaklanjuti peredaran HP replika. Selain merugikan konsumen, pemilik konter yang biasanya melakukan transaksi jual-beli HP juga bisa tertipu.

“Harus ditindak tegas karena HP jenis ini kan bisa dibilang ilegal, karena tidak jelas produsennya, tidak ada garansi, dan melakukan pelanggaran karena memakai merk dengan branch tertentu,” pungkasnya.(*)

Nilai Kualitas Konten

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: