Pancasila di Mata Seorang Perwira Militer

5/5 (2)

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Keberadaan Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia, memberikan ciri khas yang berbeda dengan bangsa lain. Hal tersebut diungkapkan seorang perwira militer Kapten Chb Dr Indra Kristian, S.I.P M.A.P, dalam buku berjudul ‘Pancasila dan Kewarganegaraan’ yang ditulisnya.

Di dalam buku yang ditulisnya, kepribadian bangsa memiliki sifat dan watak religius, humanis, kekeluargaan, ramah, sopan, sikap gotong-royong tercermin dalam nilai-nilai esensial yang terkandung dalam Pancasila. Saat itu, pengaruh globalisasi tidak dapat dihindari oleh negara mana pun.

Era revolusi industri yang memasuki Pancasila di Zaman 4.0 dimana batas negara seolah-olah tidak ada (boundary less), Pancasila sebagai dasar falsafah negara saat ini dalam posisi yang hanya merupakan simbol semata.

Dalam sejarahnya bangsa Indonesia merupakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme yang terkandung di dalam Pancasila saat ini semakin pudar.


Kapten Chb Dr Indra Kristian, S.I.P M.A.P, sosok perwira militer yang bersahaja. Dia senantiasa meluangkan waktunya untuk menuangkan pemikirannya untuk bangsa ke dalam sebuah buku

“Buku ini dibuat untuk membekali para generasi penerus, terutama pemuda-pemudi di tangan pelajar dan mahasiswa,” paparnya.

Buku tersebut berisi pemahaman mengenai filosofi bangsa yang telah lama tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Kemudian diangkat oleh para pendiri bangsa ini menjadi landasan dan falsafah negara.”Semoga bermanfaat,” tutupnya.(riz)

Nilai Kualitas Konten

Berikan Komentar Kalian