fbpx
TODAY

Lima Ciri-ciri Loker Palsu, Nomor Satu Sering Ditemukan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Informasi lowongan kerja atau loker palsu akhir-akhir ini mulai marak, seiring dengan musim kelulusan siswa-siswi SMA sederajat. Bahkan sejumlah siswa di Kabupaten Cianjur yang baru selesai ujian pun hampir tertipu loker palsu. Maka dari itu, ciri-ciri loker palsu harus diketahui.

Randi (19) misalnya, pemuda asal Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang yang nyaris berangkat ke Tangerang karena ditawari bekerja. Ceritanya usai ujian Randi membuka facebook dan posting menanyakan informasi loker. Tak lama kemudian ada seseorang yang mengiirm pesan.

“Dia tanya ke saya, ‘mau gak merantau ke Tangerang?’. Saya tanya kerja apa tapi dia malah minta nomor WA. Yasudah saya kasih,” paparnya, Kamis (11/4/2019).

Singkat cerita, percakapan pun dimulai. Seseorag yang mengirim pesan pada Randi mengiming-imingi loker di pabrik jam dengan gaji mencapai Rp4 juta. Banyak pula fasilitas lainnya yang ditawarkan.

“Saya pikir-pikir dulu dan sharing sama kakak saya. Ternyata kakak saya bilang itu loker palsu semacam modus MLM gitulah, yang nantinya diminta dulu uang Rp8 Juta untuk gabung. Untung gak jadi berangkat,” paparnya.

Nah, kali ini Tim Redaksi Cianjurtoday.com akan mengulas lima ciri-ciri loker palsu yang biasanya muncul di media sosial. Jangan sampai niat hati mengais rezeki malah rugi karena loker palsu. Simak ulasannya!

1 Mengatasnamakan Perusahaan Besar Tapi Web dan Email Gratisan

Loker palsu biasanya mengatasnamakan perusahaan besar atau BUMN, tapi website tempat pendaftarannya gratisan. Semisal menggunakan wordpress.com atau blogspot.com. Selain itu dalam mengirimkan pesan atau pemberitahuan menggunakan email dengan domain gratisan. Misalnya gmail.com, yahoo.com, dan lainnya. Perusahaan besar atau BUMN biasnaya memiliki domain sendiri.

2 Menawarkan Gaji Tinggi, Tapi Kualifikasi Pendidikan Asal-asalan

Ketika ada yang menawarkan kerja dengan gaji tinggi meskipun lulusan SD patut diwaspadai, apalagi untuk mengisi posisi yang tidak masuk akal. Dalam hal gaji, perusahaan besar biasanya akan membayar sesuai kualifikasi. Selain itu urusan gaji biasanya jarang diungkap, kecuali saat interview kerja.

3 Komentar Dinonakitfkan, Desain Asal-asalan

Biasanya, loker palsu yang disebarkan dalam grup facebook kolom komentarnya dimatikan. Selain itu mencantumkan poster dengan desain asal-asalan, yang menawarkan loker berbagai posisi. Mulai OB sampai staf tapi dengan huruf kapital dan kaidah bahasanya asal-asalan.

Tak hanya itu, di bawahnya mencantumkan nomor WA agar para calon pencari kerja daftar lewat pesan. Tentu jika menemukan hal seperti itu harus diwaspadai.

4 Langsung Lulus Padahal Tidak Dites

Pencari kerja mana yang tidak senang jika lamarannya diterima. Namun akan jadi pertanyaan jika diterima tanpa tes apapun. Itulah salah satu contoh loker palsu yang mudah ditemui. Hanya mendaftar via WA tapi langsung diterima kerja, jelas harus diwaspadai. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada yang meluluskan tanpa tes.

5 Meminta Uang Dengan Berbagai Dalih

Penipu biasnaya menentukan lokasi wawancara yang jauh dengan patokan. Lokasinya bisa dilakukan di berbagai tempat seperti ruko bahkan hotel. Namun harus diwaspadai jika saat wawancara malah diminta uang dengan berbagai dalih. Padahal tujuan kerja untuk mencari uang bukan memberikan uang.

Tak hanya itu, lebih aneh lagi ketika dijadwalkan wawancara malah diikutsertakan dalam seminar yang memamerkan harta. Padahal lokernya menjadi staf di restoran atau hotel

Nah itulah lima contoh loker palsu yang berkeliaran di media sosial. Semoga tidak ada lagi para pencari kerja yang terjebak. (Rez/bbs)

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close