NASIONAL

Apa Itu Cacar Monyet? Bagaimana Gejalanya?

CIANJURTODAY.COM – Apa itu cacar monyet atau monkeyfox yang tengah menjadi perbincangan saat ini? Virus ini pertama kali ditemukan di Singapura, disaat seorang warga Nigeria dinyatakan terjangkit cacar monyet saat melakukan lokakarya.

Masyarakat diimbau waspada karena penyebaran virus ini adalah dari hewan kepada manusia. Hewan yang terkena virus biasanya adalah hewan pengerat, salah satunya tikus.

Baca Juga; Kisah Silva, Bocah 13 Tahun yang Menderita Epilepsi Intraktabel

Menurut beberapa sumber, para pakar kesehatan mengatakan bahwa penyakit ini tidak lebih parah daripada cacar air. Meski begitu cacar monyet adalah penyakit yang cukup serius.

Gejalanya tidak terlihat di awal. Biasanya setelah 14-20 hari baru terlihat setelah terinfeksi. Ciri-ciri penyakit ini menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, gejala yang muncul bisa mirip dengan cacar, vitiligo, kudis bahkan campak. Selain itu demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit otot dan ruam kulit.

Baca Juga: Viral Tagar #SOSDrJohnSimpsonForIndonesia, Ternyata..

Monkeyfox atau cacar monyet biasanya lebih rentan terjangkit oleh orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Nah itulah sekilas tentang apa itu cacar monyet? Tetap waspada dan jaga kesehatan anda. Semoga bermanfaat. (ct2)

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close