GAYA HIDUP

Ramai Digunakan Saat Medsos Dibatasi, Apa Itu VPN?

CIANJURTODAY.COM – Pemerintah membatasi sementara akses media sosial seperti Instagram dan WhatsApp untuk menghindari hoaks. Warganet pun ada yang berbondong-bondong pindah ke media sosial lain dan ada yang menggunakan VPN. Namun, tahukah Anda apa itu VPN?

Sekilas Tentang VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan Internet (publik). Diberi nama Virtual Network karena VPN memakai jaringan Internet sebagai perantaranya, bukan secara langsung.

Baca Juga: Lima Hoaks Soal Aksi 22 Mei dan Situng KPU

Kemudian, dinamai Private Network karena VPN bersifat pribadi, maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, walaupun dikirimkannya melalui jaringan internet.

VPN adalah teknologi yang sangat rawan terhadap pencurian informasi atau data. Maka, VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak lalu lintas data. Dengan menggunakan metode teraebut, keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian.

Ada pihak yang bisa menyadap data yang melewati jaringan internet ataupun jalur VPN. Namun belum tentu bisa membaca data tersebut karena data tersebut sebelumnya telah teracak.

Baca Juga: Fitur Gambar, Foto dan Video di Media Sosial Dibatasi Sementara

VPN memiliki teknologi yang bisa menjaga keutuhan informasi atau data. Mulai dari data tersebut dikirimkan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tuju. Artinya, data ketika di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan. Misalnya data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kemampuan VPN

VPN memiliki kemampuan untuk mengautentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya. VPN bisa memeriksa data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya. Kemudian alamat dari sumber data tersebut akan di setujui bila proses autentifikasi berhasil.

Dengan begitu, VPN bisa menjamin semua data yang dikirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar tepat. Tak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dimanipulasi.

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik. Selain itu, dengan menggunakan koneksi VPN Anda dapat browsing dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik. Seperti hotspot atau internet yang terdapat di kafe.

VPN pun dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Hal itu dikarenakan transmisi data yang digunakan VPN memakai jaringan internet atau jaringan publik. Dimana sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya, VPN bisa dijadikan solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus. Selain itu, VPN dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.

Kekurangannya, karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko. Hal tersebut bisa menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global. Itu karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian khusus untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas. (ct1/bbs)

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close