JABAR

Cerita Desa Siluman, Tempat Aman Persembunyian Para Pejuang

CIANJURTODAY.COM, SubangSiluman adalah nama sebuah desa di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Secara goegrafis terletak di sebelah barat sekitar 51 Kiometer dari pusat kota Subang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta.

Wilayah tersebut dahulunya adalah daerah aliran Sungai Cisiluman, tempat pelarian dan persembunyian para pejuang. Konon di sekitar wilayah sungai kecil Cisiluman inilah para pejuang kemerdekaan bersembunyi.

Baca Juga: Bumi Ageung, Saksi Perumusan Pembentukan Tentara PETA di Cianjur

Mereka lari ke wilayah ini lenyap dan menghilang. Tidak bisa ditemukan lagi ketika dikejar musuh penjajah Belanda. Di sekitar daerah aliran sungai inilah yang menjadi cikal bakal pemukiman.

Daerah ini dinamakan sebagai Desa Siluman pada sekitar tahun 1908 Masehi, dengan luas wilayah sekarang kurang lebih 716.928 Ha.

Baca Juga: Dewan Kesenian Cianjur (DKC), Riwayatmu Kini

Kejadian Aneh

Tokoh setempat, Mang Encuy alias Mansur, mengatakan nenek moyang orang sana adalah asli suku Sunda dari Karawang. Pada saat setelah kemerdekaan, Subang, Karawang dan Purwakarta, masih menjadi satu wilayah sebelum dimekarkan. Konon dahulu kala ada beberapa kejadian aneh di Desa Siluman.

1 2Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close