PENDIDIKAN

Kata Mereka tentang PPDB Sistem Zonasi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ratusan siswa SMP dan orang tuanya memadati SMAN 1 Cianjur, Sabtu (29/6/2019) siang. Mereka datang untuk menghadiri pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sejumlah orang tua siswa pun mengecek pengumuman melalui website Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Bagi yang dinyatakan diterima, langsung mengambil antrean untuk mendapatkan surat keterangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Cianjur Today, dari sekian banyak pendaftar hanya 420 siswa yang diterima di SMAN 1 Cianjur. Setelah diterima, pihak sekolah akan mengadakan rapat pada Senin (1/7/2019).

Baca Juga: Kunjungi SMAN 1 Cianjur, Ini Kata Atalia

Muhamad Hanan Alfararisi, salah satu peserta PPDB SMAN 1 Cianjur yang diterima, mengatakan penerapan sistem zonasi ada baik dan ruginya bagi orang tertentu. Menurutnya, hal baik sistem zonasi yaitu memberi kesempatan untuk siswa yang terdekat untuk bisa belajar di sekolah yang diharapkannya.

“Tetapi rugi sistem zonasi ini bisa merugikan bagi siswa yang mempunyai kemampuan baik atau dibilang cerdas, namun lokasi rumahnya jauh dari sekolah,” tuturnya.

Selain itu, ada pula pihak yang mengaku pasrah atas kebijakan sistem zonasi. Pasrah jika diterima atau tidak di sekolah yang diharapkan.

Baca Juga: Wakili Indonesia, SMAN 1 Cianjur Kirim Siswa Ke Amerika

“Ya kita mah ngikuti pemerintah saja pasrah, toh pemerintah yang memberlakukan sistem zonasi tersebut. Kita mah pasrah dan patuh,” kata salah satu orang tua siswa.

Sementara itu belum ada keterangan dari pihak sekolah. Bagian kesiswaan ataupun kepala sekolah sedang tidak ada di sekolah. (ct3)

Reporter : Arif Syarifudin
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close