TODAY

Warga Pesisir Cianjur Selatan Rame-rame Berburu Impun

CIANJURTODAY, Cidaun – Warga di sepanjang bibir pantai Cianjur Selatan , mulai dari Kecamatan Cidaun, Sindangbarang, hingga Agrabintamemadati pesisir pantai untuk berburu ikan impun, baru-baru ini. Berbekal jaring dan alat lainnya, mereka tumpah-ruah mencari ikan untuk dikonsumsi atau dijual.

Ebeng misalnya, salah satu warga yang ikut antusias mencari ikan impun. Ia mengatakan, panen ikan impun dilakukan setiap tanggal 25 bulan hijriyah. Menurutnya, hasil tangkapan bisa mencapai puluhan liter.

“Ada yang dapat 20 liter atau 30 liter. Jika banyak dijual harganya Rp50 ribu atau Rp45 ribu per liter. Kalau per gelas dijual ada yang Rp12 ribu atau Rp10 ribu,” paparnya kepada wartawan.

Dia menjelaskan, dalam setahun panen ikan impun bisa terjadi dua hingga tiga kali. Ia pun antusias menyambut musim panen yang sedang terjadi.

“Kalau hari biasa gak ada, karena setiap tanggal 25, kadang bulan ruwah hijriyah. Dalam setahun itu keluar kadang dua kali dalam, gimana keluarnya aja. Ini lagi panen-panennya sekarang, berkah banget,” tambahnya.

Selain Ebeng, ada pula warga lainnya yang memanfaatkan momen tersebut untuk mencari ikan. Warga pun bersyukur bisa mendapatkan ikan impun berapa pun hasilnya.

“Alhamdulillah dapat banyak ikan impun untuk dijual. Gak dapat terlalu banyak, hanya dua sampai tiga liter karena takut ombak,” tutur seorang wanita di sana. (ct3)

Reporter : Arif Syarifudin
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close