WEEKEND LIST

FOTO: Kereta Api Cianjur – Bandung Dalam Kenangan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kereta Api (KA) Cianjur – Bandung menyimpan kenangan bagi para penggunanya. KA yang kerap disebut ‘Argo Peuyeum’ ini pernah melayani penumpang di Cianjur hingga Bandung.

Sekitar tahun 2005, rute KA yang terdiri dari satu lokomotif dan dua kereta ini adalah Lampegan (Kabupaten Cianjur) – Ciroyom (Kota Bandung). Namun seiring jalannya waktu dan beberapa kendala, rute KA dipangkas menjadi Cianjur – Ciroyom.

Baca Juga: HUT BUMN, Tiket KA Siliwangi Akan Digratiskan

Masyarakat pun menjadikan Argo Peuyeum sebagai moda transportasi favorit. Dua kali berangkat ke Ciroyom dan dua kali berangkat ke Cianjur.

Favorit Masyarakat

Hampir setiap saat kereta api ini penuh sesak oleh penumpang. Pedagang, pengamen, hingga pengemis pernah hilir-mudik di rangkaian kereta. Saking sesaknya, tak sedikit yang nangkel atau bejibun di lokomotif (waktu itu masih marak).

Kereta Api Cianjur – Bandung. Foto: M Reza Fauzie

Stasiun pun selalu penuh penumpang. Angkot menumpuk di sekitar stasiun menunggu penumpang kereta api yang turun. Kereta api benar-benar menjadi andalan masyarakat.

Ongkosnya murah. Mulai Rp1.000 sampai Rp1.500 sekali perjalanan. Bentuk tiketnya ganti-ganti. Mulai berbentuk kartu kecil, hingga selembar kertas.

Foto: M Reza Fauzie

Waktu tempuh kadang tak menentu. Normalnya Cianjur – Ciroyom sekitar 1 – 2 jam. Tapi kadang-kadang kendala mogok dan lainnya membuat waktu perjalanan tidak bisa dipastikan.

Dari Cianjur, jadwal pertama keberangkatan pukul 05.00. Meskipun penuh, tapi penumpang selalu ramai. Sempat gelap-gelapan, hanya lilin dan cempor sebagai penerang. Namun seiring berjalannya waktu, kereta pun terang-benderang saat malam atau subuh.

Tempat duduknya berganti-ganti. Kadang seperti angkot, kadang berhadap-hadapan. Jika mirip angkot, penumpang lebih banyak terangkut karena agak luas untuk berdiri.

Perubahan Rute

1 2 3 4Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Related Articles

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close