Gaya Hidup

2020, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai di HP Ini

CIANJURTODAY.COM– WhatsApp tak bisa lagi dipakai di beberapa HP mulai 2020. Aplikasi yang diakusisi Facebook ini menghentikan dukungan di beberapa HP karena fitur terbaru WhatsApp membutuhkan sumber daya yang berat. Selain itu membutuhkan ponsel dengan RAM yang cukup dengan OS terbaru.

Tepatnya pada 1 Febuari 2020 mendatang nanti ketentuan ini akan mulai diberlakukan. WhatsApp menyampaikan untuk beberapa operating system (OS) yang lebih lama, pengguna tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada.

Berikut kami sajikan informasi HP apa saja yang tak lagi bisa pakai WhatsApp di tahun 2020 mendatang.

iPhone iOS 8 

Semua iPhone yang menjalankan iOS 8 atau lebih tua tidak akan lagi bisa mengoperasikan WhatsApp, bersama dengan perangkat Android yang menjalankan versi 2.3.7 Gingerbread atau lebih lama. Namun dukungan untuk perangkat yang menjalankan Android 4.0.3 dan seterusnya dan iPhone yang menjalankan iOS 9 dan yang lebih baru. 

iPhone IOS 7 atau Gingerbread

Semua sistem operasi Windows Phone, sistem operasi Android versi 2.3.7 atau Gingerbread, dan iPhone iOS 7. Aplikasi WhatsApp di Windows Phone tidak berfungsi setelah 31 Desember. Sedangkan Android versi 2.3.7 dan iPhone iOS 7 mulai tidak berfungsi setelah 1 Februari 2020. Di antaranya iPhone 4 yang rilis pada 2010. Android 2.3.3, iOS 6, dan BlackBerry OS.

Nokia S40

Aplikasi WhatsApp hadir di HP fitur seperti Nokia S40 series. Namun kini WhatsApp mencabut layanannya pada Nokia S40. Dikutip dari laman GSMArena, layanan WhatsApp sudah tidak bisa digunakan di Nokia S40 

Selain itu, WhatsApp juga tidak bisa lagi digunakan pada ponsel lawas Nokia. Mulai dari Seri 30 (atau 30+), 3310 4G berbasis Yun OS (3310 4G) serta 3310 3G yang hanya terdaftar sebagai Smart Feature OS.

HP tanpa IMEI

IMEI merupakan kode dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.Tercantumnya nomor IMEI, setiap ponsel memiliki identitas dan tidak sama dengan unit lainnya.

Biasanya nomor IMEI ini tercantum 12-16 digit dalam rangka ponsel.
Pemerintah akan memberlakukan penerapan regulasi IMEI mulai per 18 April 2020 mendatang.(ct4)

Mulai Februari WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Android dan IOS Tertentu

Mulai 1 Februari 2020, pengguna iPhone dengan sistem iOS 8 atau lebih lama tidak akan lagi dapat menginstal aplikasi WhatsApp. Pengguna juga tidak akan bisa membuat akun dan melakukan verifikasi ulang.

Di tanggal yang sama untuk pengguna sistem operasi Android dengan versi Gingerbread atau di bawahnya juga tidak bisa menggunakan lagi WhatsApp. Seperti diketahui versi Gingerbread memang tergolong lawas, karena dirilis pada tahun 2010.

Menurut data Google diketahui ada sekitar 0,3 persen perangkat Android yang masih aktif menggunakan OS Android Gingerbread. Pihaknya pada 2019 lalu, mengungkap jumlah perangkat berbasis Android yang kini mencapai lebih dari Dua milyar.

Alasan WhatsApp stop dukungan Android Dan IOS Versi Lawas

WhatsApp beralasan mereka ingin fokus untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru yang bisa diaplikasikan di sistem operasi yang sekarang banyak digunakan orang.

Menurutnya meluncurkan fitur dan pembaruan ke perangkat lama atau usang akan menghambat WhatsApp untuk berkembang.

Sebelumnya, mereka juga telah menghentikan dukungan pada sistem operasi Windows Phone mulai 31 Desember 2019.

Penulis: Siti Nurlaela
Diolah dari berbagai sumber
/foto: pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker