Today

2021, Anggaran Bencana Akan Dinaikkan hingga 10 Persen

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Anggaran kebencanaan diprediksi akan naik hingga 10 persen pada 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi IV DPR RI, Budi Setiawan. Menurutnya, melihat kerawanan bencana yang semakin tinggi, harus ada peningkatan anggaran untuk menunjang pelaksanaan penanggulangan kebencanaan tersebut.

“Besaran anggaran BPBD ada di ranah BNPB dan besarannya pun disesuaikan untuk setiap kabupaten dan kota. Di 2021 itu naik kok, biasanya kita naik tujuh hingga 10 persen,” jelasnya kepada Cianjur Today, Minggu (25/10/2020).

Ia mengungkapkan, Kabupaten Cianjur memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi dengan musim yang tidak bisa ditebak.

“Sehingga jika saat ini sarana masih minim, fokus penanggulangan harus jadi yang utama. Karena kami selalu mendorong adanya penambahan anggaran setiap tahunnya,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofyan mengatakan, pihaknya hanya memiliki 27 orang pengendali bencana atau operasi (dalops).

“Sementara, Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang sangat luas,” katanya.

Sehingga terbentuklah Relawan Tangguh Bencana (Retana) yang saat ini ada 1.832 orang anggota dan tersebar di 32 kecamatan dan desa di Kabupaten Cianjur.

“Para anggota Retana ini bertugas memberikan edukasi serta sosialisasi tentang langkah penanganan ketika terjadi bencana,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker