Today

2021, Jenis Aroid Masih jadi Primadona di Kalangan Pencinta Tanaman Hias

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Memasuki 2021, tren tanaman hias diprediksi akan kembali booming dan akan tetap bertahan. Pasalnya, semakin banyak orang yang berlomba-lomba berburu tanaman hias meskipun harganya cukup tinggi.

Selain itu, kini semakin banyak muncul pemain baru dalam dunia tanaman hias, termasuk dari kalangan milenial. Sehingga semakin menambah kelangkaan barang di pasaran dan membuat tanaman hias menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Menurut Petani dan Pembudidaya tanaman hias sekaligus Pemilik Rumah Bunga Cipanas, Ihsan Waluyo (34) atau yang karib disapa Sansan menuturkan, tren tanaman hias masih banyak memberikan peluang bisnis yang luas di 2021 ini. Sebab, lanjutnya, tanaman hias itu tidak ada matinya atau naik dan turun, itu sudah menjadi hal yang biasa dalam sektor bisnis ini.

“2021 ini tanaman hias masih punya pasar yang terbuka luas, semakin bertambahnya para pemain baru dari kalangan milenial, menjadi salah satu alasan kami melihat pasar tersebut,” ujar Sansan kepada Cianjur Today, Minggu (3/1/2020).

Sansan yang sudah memulai hobi dan bisnis dalam dunia tanaman hias sejak 2005 silam ini memprediksi, pada 2021 jenis Aroid masih akan menjadi salah satu tanaman yang banyak diburu, baik dari jenis Anthurium maupun Philodendron.

“Sebetulnya untuk pasar, saat ini di angka tertinggi dari penjualan tanaman hias adalah dari jenis Aroid. Baik Phillodendron, Monstera, maupun Anthurium yang harganya mulai di kisaran Rp1 juta hingga belasan juta,” jelas Sansan.

Selain itu, kata Sansan, bagi pelaku usaha terutama pemain baru, sektor bisnis tanaman hias ini memang masih menjanjikan, ditambah saat ini ada peluang market teknologi yang mudah dan murah.

“Mereka kini bisa memasarkan tanaman hias itu di media sosial bahkan di sana sudah terbentuk juga jaringan-jaringan grup khusus pencinta tanaman hias dari berbagai daerah. Sehingga memudahkan para pelaku bertemu, berinteraksi, dan memasarkan tanaman hiasnya dengan cepat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sansan, kondisi ini memiliki banyak alasan mengapa tanaman hias tetap digemari oleh banyak orang. Selain Indonesia masih terdampak pandemi Covid-19 hingga banyak orang yang Work From Home (WFH), juga karena tanaman hias memberikan manfaat dari sisi psikologis.

“Sebetulnya tanaman hias ini menjadi media dalam menjadikan udara yang kita hirup menjadi segar dan penuh oksigen. Tanaman hias memberikan manfaat psikologis yang terbukti dapat menghilangkan stres, meningkatkan mood, hingga membuat orang merasa bahagia,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami