banner 325x300
Nasional

2022, Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan hingga Rp541 Triliun

×

2022, Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan hingga Rp541 Triliun

Sebarkan artikel ini
2022, Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan hingga Rp541 Triliun
PENDIDIKAN: Presiden Jokowi memastikan anggaran pendidikan pada 2022 sekitar Rp541 triliun. (Foto: Istimewa)

CIANJURUPDATE.COM, Jakarta – Pada 2022, pemerintah Indonesia akan terus menggenjot sektor pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) serta meningkatkan anggaran pendidikan.

“Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, telah disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp541,7 triliun,” ujar Presiden Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Pidato APBN Tahun 2022 Beserta Nota Keuangan di Rapat Paripurna DPR RI.

Jokowi mengatakan, Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi.

“Kita harus menyiapkan SDM yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa,” ucap Jokowi.

Ia menjelaskan, kebijakan diarahkan untuk melanjutkan reformasi pendidikan dengan penekanan pada tiga hal yakni peningkatan kualitas SDM melalui penguatan PAUD dan sekolah penggerak.

“Pemerataan sarana prasarana pendidikan; serta menyelesaikan mismatch pendidikan dengan penguatan pendidikan vokasi, pengembangan riset terapan, dan inovasi yang tersambung dengan industri dan masyarakat. Termasuk program magang dan teaching industry, serta pelaksanaan program merdeka belajar,” ucap Jokowi.

Pemerintah, lanjut Jokowi, berkomitmen untuk memperkuat investasi pemerintah di bidang pendidikan.

Di antaranya, mendukung perluasan program beasiswa, adopsi teknologi informasi dan komunikasi, pemajuan kebudayaan, penguatan perguruan tinggi kelas dunia, dan pengembangan riset dan inovasi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan pemerintah menetapkan anggaran untuk belanja negara dalam RAPBN 2022 sebesar Rp2.708,7 triliun yang meliputi, belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.938,3 triliun serta transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp770,4 triliun.(sis)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan