Today

25 Aplikasi di Android Ini Disusupi Malware Berbahaya, Hapus Segera!

CIANJURTODAY.COM – Para pengguna Android wajib waspada, karena ada 25 aplikasi yang disusupi virus Malware atau malicious software yang berbahaya. Apa saja?

Virus Malware di Android bekerja dengan cara menyusup ke dalam sebuah aplikasi. Mereka memperdaya pengguna Android untuk memberi izin mengakses informasi pribadi. Lalu, mengeksploitasi informasi tersebut.

Ciri-ciri ponsel disusupi Malware sebenarnya bisa terlihat dari beberapa hal. Misalnya, pengguna sering melihat iklan yang tiba-tiba muncul terlepas aplikasi yang dipakai. Bisa juga baterai ponsel cepat habis atau ada aplikasi yang tidak dikenali di ponsel.

Tidak hanya membombardir dengan iklan, Malware berbahaya pun bisa mengakses informasi pribadi. Mulai dari kredensial perbankan, nomor ponsel, alamat email, hingga daftar kontak.

Jangan panik, karena Malware bisa dicegah dan dihilangkan. Misalnya dengan melakukan update software terbaru, sehingga ponsel lebih terlindungi.

Lalu, jangan asal mengunduh aplikasi, terutama APK dari sumber yang tidak jelas. Selain itu, menginstal aplikasi antivirus juga bisa membantu.

Namun, hal yang jadi masalah, terkadang malware bisa menyelinap di aplikasi-aplikasi yang terlihat normal. Tanpa diketahui, di dalamnya disisipi Malware.

Jenis Malware

Berikut ini adalah daftar jenis Malware yang umum.

Virus

Virus adalah perangkat lunak berbahaya yang biasanya melekat pada dokumen atau file. Ketika sudah diunduh, virus tidak akan aktif sampai dokumen atau file yang sudah terinfeksi virus dibuka dan digunakan oleh pengguna. Akibatnya, virus dapat menyebabkan masalah operasional yang signifikan dan pengguna dapat kehilangan data.

Worm

Malware jenis worm dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar secara mandiri ke perangkat lain. Worm biasanya memasuki sistem melalui koneksi jaringan atau dari file yang diunduh, tanpa memerlukan aktivasi atau campur tangan manusia apa pun.

Virus Trojan

Malware jenis ini biasanya menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya sehingga menipu para pengguna. Tetapi, begitu pengguna mengunduh dan menggunakannya, virus trojan kemudian dapat memata-matai dan mencuri data sensitif di perangkat pengguna.

Spyware

Sesuai dengan namanya, malware jenis ini dirancang untuk memasuki perangkat, mengumpulkan data pengguna perangkat, dan mengirimkannya ke pihak ketiga tanpa persetujuan pengguna. Spyware biasanya ditanamkan di perangkat tanpa sepengetahuan si pengguna secara eksplisit.

Malware jenis ini dapat mencatat segala bentuk aktivitas di perangkat, mulai dari informasi pribadi hingga detail penjelajahan internet seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan kebiasaan berselancar.

Ransomware

Jenis malware ini biasanya digunakan cybercriminal untuk mengancam dan meminta uang tebusan dari sang pengguna perangkat.

Ransomware adalah skema penghasil uang kriminal yang dapat dipasang melalui tautan tipuan dalam email, pesan instan, atau situs web untuk mengunci layar komputer atau mengenkripsi file penting yang telah ditentukan sebelumnya dengan kata sandi.

Adware

Adware biasanya menampilkan iklan berkedip atau jendela pop-up saat pengguna melakukan tindakan tertentu. Adware gresif dapat merusak keamanan perangkat, misalnya membantu mengirim malware yang sering kali termasuk spyware.

Botnet

Botnet adalah jaringan perangkat komputer yang dibajak kemudian digunakan untuk melakukan berbagai penipuan dan serangan siber. Bot berfungsi sebagai alat untuk mengotomatiskan serangan massal, seperti pencurian data, kerusakan server, dan distribusi malware.

Berikut 25 Aplikasi di Android yang disusupi Malware berbahaya

  1. All Good PDF Scanner
  2. Buzz
  3. Blue Scanner
  4. Paper Doc Scanner
  5. Care Message
  6. Wifi Pasword Cracker
  7. Desire Translate
  8. SecurIt
  9. Axgle
  10. Direct Messenger
  11. Tangram App Lock
  12. Wallpaper girls
  13. Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF
  14. AppleProtect
  15. Meticulous Scanner
  16. Idea Security
  17. Google Play Service [com.demo.testinh]
  18. Unique Keyboard – Fancy Fonts & Free Emoticons
  19. Talent Photo Editor – Blur focus
    Mint Leaf Message-Your Private Message
  20. Shortcut name
  21. One Sentence Translator – Multifunctional Translator
  22. Part Message
  23. Private SMS
  24. Style Photo Collage

Jika Anda menemukan aplikasi-aplikasi ini di ponsel Anda, segera hapus, agar data dan informasi pribadi tidak terekspose oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.(sis/bbs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker