ABOUT DESAUpdate Covid-19

407 Warga Batulawang Bakal Terima BLT Desa Rp600 Ribu

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Sebanyak 407 warga Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu. Bantuan akan diterima selama tiga bulan yang bersumber dari Dana Desa.

Sekretaris Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Edih Humaedi, menuturkan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu masih dalam pendataan agar tepat sasaran. Rencananya pada Senin (4/5/2020) pendataan akan dilakukan bersama RT, RW, Pemdes, dan Retana.

“Sementara ini kami belum mendata, akan tetapi Insyaallah hari Senin akan dimulai karena kemarin kita masih menunggu kepastian penganggaranya. Jadi hari Senin mulai pendataan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Minggu (3/5/2020).

Ia menegaskan, penerima BLT Desa Batulawang yaitu warga yang tidak mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan bantuan yang lainnya. Setelah pendataan selesai, kemudian akan ditindaklanjuti atau ditetapkan Musyawarah Desa (Musdes) untuk menentukan mana yang berhak dan mana yang tidak.

“Insyaallah untuk pendataan sehari juga beres dan Desa Batulawang ini kami akan menerima bantuan BlT 407 orang,” ujarnya.

Teknis dan waktu pencairan belum ditentukan karena hasil pendataan belum selesai. Selain itu menunggu hasil pendataan yang akan disampaikan kepada Bupati oleh Camat dan BPMD untuk di-SK-kan.

Nantinya data akan akan dimasukan ke aplikasi dengan pengendalian operator desa. Selanjutnya akan diproses ke bank BJB untuk mendapatkan barcode.

“Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena Pandemi Corona dan yang belum merasakan progaram sembako dari pemerintah,” ungkapnya.

“Kami berharap masyarakat bisa mempergunakan program BLT ini dengan baik. Tidak digunakan untuk membeli yang aneh-aneh, karena program ini untuk yang benar-benar terdampak Covid-19,” tandasnya.(ct6/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button