Gaya Hidup

5 Cara Menghindari Pergaulan Bebas Agar Lebih Aman

CIANJURTODAY.COM – Kita harus tahu cara menghindari pergaulan bebas. Mengingat, seiring dengan perkembangan zaman, pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan.

Kecanggihan teknologi dan kemudahan berkomunikasi serta tersedianya beragam fasilitas justru membuat para remaja mempunyai kebebasan yang melewati batas.

Remaja sudah bisa mengakses beragam informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai dengan norma sosial yang berlaku, serta langsung menirunya karena menganggap hal tersebut membuat mereka lebih hebat.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pergaulan bebas bisa terjadi diantaranya seperti kurangnya pengawasan orangtua, lingkungan yang kurang baik, salah memilih teman, dll.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Berikut cara menghindari pergaulan bebas agar bergaul tidak kelewat batas, yuk simak :

Memperkuat Pendidikan Agama Sejak Dini

Jika sejak kecil seseorang telah tertanam mengenai pendidikan agama serta moral yang kokoh maka tidak akan terjerumus dalam pergaulan bebas.

Membentuk Karakter yang Positif

Pembentukan karakter manusia sejak kecil sangat diperlukan agar ia menjadi pribadi yang kuat dan berpendirian kokoh, sehingga walaupun mempunyai kesempatan untuk hidup bebas, ia dapat mengendalikan dirinya.

Memilih Teman

Sangat penting untuk memilih teman dan mengenali tipe kepribadian manusia yang sekiranya dapat memberikan pengaruh positif, seperti bagaimana cara menjadi pribadi yang menyenangkan.

Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

Ketika anak dekat dan terbuka dengan orang tua, mereka akan dapat langsung bertanya mengenai berbagai macam persoalan bahkan yang dianggap sensitif dan tabu seperti seks bukannya mencari informasi yang bisa jadi menyesatkan pada pihak lain.

Memberikan Edukasi Seks Pada Anak dan Remaja

Keingin tahuan remaja mengenai hal yang berkaitan dengan seksualitas terkadang tidak mendapatkan penyaluran yang benar, sehingga mereka akan mencari tahu melalui jalan yang salah.

Informasi yang berkaitan dengan seksualitas seharusnya didapatkan anak sejak dini, tentu saja disesuaikan dengan bahasa yang cocok dengan usia anak. Dengan demikian mereka juga bisa tahu bahaya dan akibat dari pergaulan bebas.

Untuk menghindari pergaulan bebas memang tidak bisa dilakukan hanya dari satu sisi saja, atau dilakukan sendiri oleh anak tanpa dukungan dari orang tua dan lingkungannya. Melainkan diperlukan kepribadian yang kuat yang terbentuk sejak anak masih berusia dini agar ia dapat menentukan sendiri hal yang baik dan buruk.

Dasar-dasar nilai moral dan agama yang diletakkan orang tua ketika mendidik anak sangatlah penting untuk menjauhkan anak dari berbagai cara hidup yang salah, merusak diri sendiri, dan menghindari pergaulan bebas.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker