Gaya Hidup

5 Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Fisik dan Psikis, Apa Saja?

CIANJURTODAY.COM – Bagi beberapa orang, aktivitas membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan punya manfaat. Namun, untuk beberapa lainnya membaca sering kali dianggap sebagai hal yang membosankan.

Penting untuk kita ketahui, membaca sebenarnya aktivitas yang sangat menyenangkan dan bermanfaat. Dikutip dari laman boldsky.com, punya kebiasaan membaca bisa membuat otak senantiasa terasah, pikiran jadi lebih fokus dan otak berpikir lebih cepat.

Membaca bisa menjamin otak agar senantiasa memiliki kemampuan yang tajam. Menariknya lagi, membaca sebelum tidur bahkan bisa membuat tidurmu jadi makin nyenyak.

Manfaat Membaca Buku

Ada beberapa manfaat mengagumkan dari membaca buku, berikut Cianjur Today rangkumkan untuk kalian:

Mengasah Kemampuan Otak

Membaca juga sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengetahuan. Para ahli mengungkapkan jika membaca bisa merangsang segala saraf otak untuk bekerja lebih baik dan mengesankan.

Bikin Bahagia

Sadar atau tidak, membaca bisa bikin kamu bahagia. Dengan mengetahui pengetahuan baru, secara tidak langsung perasaan akan bahagia, lega dan nyaman. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang punya hobi membaca lebih bisa menekan emosinya, lebih puas dengan kehidupannya dan lebih nyaman dengan dunianya. Orang-orang ini bahkan bisa merasa lebih sabar dan tidak mudah gegabah.

Mencegah Alzheimer

Karena bermanfaat untuk mengasah dan merangsang kemampuan otak, tidak heran jika membaca bisa membuat otak awet sehat. Otak yang awet sehat akan terhindar dari risiko alzheimer, hilang ingatan hingga gagal fokus.

Orang-orang yang memiliki hobi membaca juga lebih mungkin terhindar dari stres, depresi atau pun gangguan otak lainnya yang memicu alzheimer.

Meningkatkan Konsentrasi

Jika kamu ingin menjadi pribadi yang penuh konsentrasi, usahakan agar memiliki kebiasaan membaca sedikitnya 10 menit setiap hari. Orang-orang yang gemar membaca dan bisa menikmatinya dengan baik, ia akan memiliki daya ingat yang tinggi, tingkat konsentrasi mengesankan dan tingkat kefokusan yang memuaskan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Punya hobi membaca sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini juga sangat memungkinkan membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak. Tidak harus membaca lewat buku, koran, majalah atau media cetak lainnya, membaca juga bisa dilakukan lewat gadget karena sekarang ada beragam bahan bacaan di dunia maya.

Sangat disayangkan rasanya jika kamu masih malas padahal manfaat membaca sangatlah besar selain manfaat diatas tadi membaca juga bisa menambah wawasan kamu dan membuka jendela dunia.(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami