Tips, Trik, dan Tutorial

5 Tips Agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19

CIANJURTODAY.COM – Di tengah pandemi Covid-19, kamu perlu tahu tips agar tetap sehat dan fit. Tetap simak artikelnya, ya.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan.

Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, sampai kematian.

Di tengah wabah virus Covid-19 yang sedang menguasai dunia ini kita perlu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, salah satunya berolahraga. Namun, sejak diberlakukannya social distancing atau #dirumahaja membuat kita sulit untuk melakukan aktivitas olahraga diluar rumah.

Tips Sehat di Tengah Masa Pandemi

Tenang saja, artikel ini akan memberi kamu tips tetap bisa hidup sehat ditangah pandemi. Berikut tipsnya:

Mengkonsumsi makanan sehat

Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan satu di antara pola hidup sehat. Buah dan sayur adalah sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Simpan buah-buahan dan sayuran di lemari es untuk memungkinkan mempertahankan nutrisi yang terkandung, selain dimakan saat segar.

Dengan sering mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan tubuh kita juga akan lebih sehat dan juga dapat menambah daya tahan tubuh terhadap bakteri atau virus seperti covid-19 ini.

Selalu Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Di saat seperti ini, menerapkan hidup bersih bisa menghindarkan kita dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk virus corona.

Dan cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi adalah mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur setelah tangan kamu habis memegang sesuatu atau melakukan sesuatu lalu semprot barang-barang yang sering disentuh menggunakan desinfektan.

Berolahraga

Supaya tubuh dan pikiran tetap sehat selama dirumah aja, selain berjemur kamu harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga.

Tidak harus olahraga berat kok, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah. Jika tidak memungkinkan untuk sama sekali keluar rumah kamu bisa melakukan olahraga seperti yoga, push up, sit up, atau yang lainnya yang bisa dilakukan didalam rumah itu pun sudah cukup untuk membuat badan tetap bergerak.

Selain itu membersihkan rumah juga efektif sebagai pengganti olahraga diluar rumah.

Dengan olahraga rutin setiap hari dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, terutama dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari virus.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Konsumsi minimal 2 liter air atau setara 8 gelas setiap harinya supaya tetap terhidrasi. Air memiiki banyak sekali manfaat, seperti menyalurkan kadar oksigen ke seluruh sel tubuh, sehingga sistem peredaran darah tetap lancar.

Selain itu, air data membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga fungsi ginjal.

Jangan stress

Dalam situasi yang penuh tekanan ini akan membuat kita cemas yang akan memperburuk keadaan pikiran dan tubuh kita.

Kalian bisa melakukannya dengan kegiatan yang kreatif bersama keluarga. Seperti memasak, menonton film ada banyak platform yang menyediakan film-film terbaru di tengah masa pandemi ini lho. Kegiatan seperti ini juga memungkinkan terjalinnya kehangatan antara anggota keluarga.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker