Today

50 ODGJ Pondok Nurani Kemanusiaan Dapat Pengobatan RSMM

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sebanyak 50 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) disabilitas mental Pondok Nurani Kemanusiaan secara bertahap akan mendapatkan perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit Dr. H Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor. Diketahui pondok tersebut kini dipimpin oleh Irsyad Effendi.

Promotor Kesehatan RSMM Bogor, Iyep Yudiana, menjelaskan, Pondok Nurani Kemanusiaan menempati lahan di Desa Palasari, Cipanas, seluas 2000 M2, dengan luas bangunan sekitar 600 M2. Bangunan itu dapat menampung sekitar 50 ODGJ, yang terdiri atas 39 laki-laki dan 11 perempuan.

“Itu yang dikelola oleh tujuh orang pengurus, dengan kegiatannya seperti pengajian, olahraga, ternak ikan, menjahit, konsultasi dokter, minun obar, dan lainnya.” ujarnya kepada wartawan Senin (14/09/2020).

Dirinya menuturkan, Pimpinan Pondok Nurani Kemanusiaan, Irsyad Effendi, menyampaikan keinginannya supaya 50 ODGJ di panti Pondok Nurani dapat mendapatkan perawatan dan pengobatan di RSMM.

“Hal tersebut disambut baik oleh Ketut Sudiatmika, sebagai Kepala Instalasi PKRS dan KJM RSJMM Bogor yang menekankan pentingnya fungsi panti sosial dalam penanganan ODGJ paska rawat sebelum kembali ke keluarganya,” jelas dia.

Iyep menegaskan, kerjasama antara panti sosial dengan RSJMM sanag penting. Terlebih dalam memfasilitasi ODGJ agar bisa mendapatkan pemeriksaan, perawatan, dan serta pengobatan medis secara cepat dan tepat.

“Dan, panti sosial bisa melaksanakan fungsinya sebagai Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM), agar ODGJ menjadi lebih mandiri dan produktif di masyarakat.” tutupnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close