ABOUT DESAToday

53 Desa di Cianjur Belum Punya BUMDes

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sebanyak 53 dari 354 desa di Kabupaten Cianjur belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga tahun 2021. Artinya, saat ini sudah ada 301 desa yang memiliki badan usaha, tersebar di berbagai kecamatan.

“Alhamdulillah di Kabupaten Cianjur dari seluruh desa, hanya 53 yang saat ini belum memiliki BUMDes,” kata Kasi Lembaga Bina Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendi Rinaldi, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, saat ini BUMDes dipertegas dengan aturan perundang-undangan No 11 tahun 2021. Isinya tentang penambahan pengaturan BUMDes dibentuk dan berperan dalam pemerintahan desa.

“Tentunya diharapkan bisa menjadi lembaga sentra pengelolaan potensi ekonomi desa yang mendorong masyarakat di bidang ekonomi. Membantu memulihkan kondisi perekonomian di masa pendemi Covid-19,” ungkapnya.

Saat ini BUMDes banyak bergerak di bidang pertanian dan produk-produk makanan khas desa. Seperti komiditi beras, jagung, buah-buahan, sayuran, kopi, teh dan makanan khas tradisional Cianjur.

Selain itu, ada beberapa BUMDes yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Saat ini tengah difasilitasi DPMD Cianjur untuk mendapatkan rekan mitra kerja sama dengan membuat nota kesepakatan. Seperti dengan Bank BJB dan PT Pos Indonesia.

“Kita fasilitasi berkerja sama dengan pihak Bank BJB dengan membuka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, pajak bumi bangunan, serta dengan PT Pos Indonesia membuka layanan keagenan logistik,” tandasnya.(ct10/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button