Gaya HidupToday

6 Program SOMEAH RSUD Sayang, Pelayanan Makin Mudah dan Nyaman

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ada yang sudah tahu 6 program unggulan SOMEAH RSUD Sayang Cianjur? Kalau belum, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sayang Cianjur, dr Hj Neneng Efa Fatimah, MH, M.Kes mengatakan, SOMEAH merupakan inovasi terbaru dari RSUD Sayang dalam memberikan layanan terbaik bagi para pasien.

“Program ini diusung oleh Bupati Herman Suherman bertepatan dengan 100 hari kerja Pemkab Cianjur. Kami dituntut untuk menciptakan kedekatan dengan masyarakat, hingga lahirlah program SOMEAH ini,” ujarnya saat diwawancarai Cianjur Today, belum lama ini.

Efa memaparkan, pihaknya sudah menganalisis permasalahan yang ada di RSUD Sayang dan menemukan solusinya.

“Kami menemukan, bahwasannya akan lebih berhasil dalam suatu tujuan, jika kami bisa berkomitmen terhadap organisasi. Dalam hal ini SDM yang bisa ditonjolkan adalah inovasi dalam program SOMEAH,” paparnya.

Slogan SOMEAH yakni ‘someah nu matak bungah, someah hade ka semah’. Arti slogan tersebut adalah supaya dokter, perawat, dan bidan bisa melayani masyarakat dengan SOMEAH (ramah, santun, menerima).

Program unggulan rumah sakit tentunya sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di RSUD Sayang.

“Jadi kami dapat membudayakan pelayanan service exellent, yang akhirnya berdampak pada kepuasan pasien dan pelanggan,” imbuhnya.

Filosofi SOMEAH RSUD Sayang Cianjur

SOMEAH memiliki makna khusus. Diambil dari Bahasa Sunda yang memiliki arti halus dan sangat dalam, sehingga menuntut seseorang untuk berbuat baik.

“Tentunya dalam bidang kesehatan, kami ingin terus memberikan pelayanan jasa terbaik. Apapun yang terjadi, pelanggan adalah raja. Mau salah mau benar, tetap yang bertanggung jawab atas semuanya itu adalah kami,” terangnya.

Nilai-nilai SOMEAH

SOMEAH itu merupakan singkatan dari, Senyum/Santun, Optimis, Menghormati, Edukatif, Andalan, dan Humanis.

Berikut 6 Program SOMEAH RSUD Sayang Cianjur

  1. Reservasi Online SOMEAH (RAOS)

Program ini memberikan kemudahan pada pasien, agar tidak perlu antre ketika ingin mendaftar ke rumah sakit. Masyarakat hanya perlu melakukan reservasi online, kemudian dengan cepat akan mendapatkan nomor antrean.

Selain itu, tujuannya adalah sebagai wadah kritik dan saran. Seperti, jika ada dokter atau perawat yang tidak ramah, maka masyarakat bisa langsung mengkritik atau menyampaikannya di pelayanan RAOS.

Bagi yang tidak bisa menggunakan aplikasinya, masyarakat juga bisa datang langsung ke rumah sakit dan akan dibantu oleh satpam.

  1. Kartu SOMEAH

Kartu tersebut dibuat untuk pasien khusus jalur cepat (fast track). Jika ada pasien manula di atas 70 tahun, maka akan langsung diberikan kartu SOMEAH oleh satpam.

Kartu ini dapat diakses pasien ibu hamil di atas 32 minggu/8 bulan, dan disabilitas yang memakai kursi roda. Kartu SOMEAH ini merupakan program nasional untuk para lansia.

  1. Pelayanan Apik Ramah dan Sopan (Parasomeah)

Dalam SOP, semua pegawai rumah sakit harus menerapkannya secara langsung. Mulai dari salam pembuka, salam penutup, sampai bagaimana menerima telepon, dan lainnya.

  1. Teknologi untuk Telekomunikasi Rawat (Tutur SOMEAH)

Sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19, RSUD Sayang harus memiliki teknologi atau sistem telekomunikasi khusus. Di mana, ada sistem komunikasi antara pasien dengan keluarga pasien.

  1. Perilaku SOMEAH

Program ini merupakan pendidikan edukasi riset inovasi langkah unggul. Karena RSUD Sayang adalah kelas B+ yang sudah bisa menjadi tempat riset pendidikan.

Nantinya, jika ada dokter, koas, bidan, praktek klinik lapangan, perawat klinik lapangan yang datang, maka pihak rumah sakit akan menerima dari manapun, sesuai standar izin pendidikannya pada 2020.

  1. Hidup Asri dengan Ecogreen (Hade SOMEAH

Saat ini, farmasi di RSUD Sayang tidak lagi menggunakan plastik dan sudah beralih dengan menggunakan kertas.

Tujuannya adalah untuk menghargai dan menghormati lingkungan, agar bisa mendaur ulang dengan baik.

Masyarakat bisa mendapatkan aplikasi RAOS secara gratis dengan mendownload langsung di Google Playstorehttps://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Play.

Selain itu, bisa juga dengan datang langsung ke pusat informasi atau mengunjungi website rsudsayang@cianjurkab.go.id dan sistem rujukan, serta hotline (0263) 261026/ (0263) 266 100.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker