Tips, Trik, dan Tutorial

6 Tips Melatih Public Speaking Agar Tidak Gugup

CIANJURTODAY.COM – Berbicara di depan umum atau Public Speaking adalah salah satu hal tersulit yang dapat Anda lakukan. Ini juga merupakan salah satu keterampilan yang paling berguna untuk dipelajari dan memiliki beberapa manfaat besar.

Public Speaking membantu membangun kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan jelas dan persuasif, dan bahkan meningkatkan kemampuan kepemimpinan jika dilakukan dengan benar! 

Dalam artikel ini Cianjur Today akan membahas beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum sehingga Anda merasa lebih nyaman berbicara di depan kelompok, memamerkan pengetahuan atau ide Anda, atau hanya mampu berbicara dengan nyaman di sekitar orang tanpa merasa terintimidasi atau gugup.

Praktek

Ada dua cara untuk berlatih. Yang pertama adalah berdiri di depan cermin dan berbicara dengan suara keras, sedangkan cara lainnya adalah dengan meminta orang lain mendengarkan Anda.

Cara pertama melibatkan melihat diri Anda di cermin saat Anda berbicara. Ini bekerja dengan baik jika Anda ingin melatih ekspresi wajah, gerakan tangan, dan postur tubuh Anda. Cara kedua melibatkan mendapatkan umpan balik dari teman atau anggota keluarga yang akan memberikan kritik yang jujur tentang apa yang mereka lihat dan dengar selama Anda berpidato, yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum secara signifikan dari waktu ke waktu.

Jenis latihan yang ketiga adalah berpidato di depan kelompok kecil seperti anggota keluarga atau rekan kerja di pesta kantor; namun, penting bagi orang-orang ini untuk mendukung apa yang Anda lakukan sehingga mereka tidak akan mengganggu orang lain di sekitar mereka dengan tertawa pada waktu yang tidak tepat atau membuat komentar sarkastik tentang betapa gugupnya Anda di atas panggung!

BACA JUGA: Geger Video Diduga Buang Bayi di Cugenang, Begini Penjelasan Kapolsek

Video Rekam Diri Anda

Anda dapat menggunakan perekam video dan kamera apa pun untuk merekam presentasi Anda. Pastikan Anda berada di ruangan yang cukup terang, dan Anda memiliki tripod atau penyangga kamera jika Anda perlu menjaganya tetap stabil. 

Anda juga bisa berlatih membuat catatan di iPad atau perangkat tablet lainnya, kemudian gunakan aplikasi pencatat seperti Evernote atau Google Keep untuk merekam diri Anda berbicara seperti yang Anda lakukan dalam presentasi dan Anda akan memerlukan mikrofon headset yang bagus.

Setelah direkam, tonton kembali video Anda sehingga Anda dapat melihat seberapa baik pesan yang disampaikan melalui bahasa tubuh dan nada suara. Alat yang hebat untuk ini adalah ScreenFlow oleh Telestream Inc., yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar selama pemutaran serta mengedit kesalahan dari proses perekaman – cara yang bagus untuk menyempurnakan teknik Anda!

Cobalah untuk Berbicara Tanpa Catatan

Cobalah untuk tidak membaca pidato Anda. Sebaliknya, fokuslah untuk berhubungan dengan para hadirin. Anda akan dapat melakukan hal ini jika Anda berbicara tanpa catatan dan menggunakan gerakan yang memperkuat poin-poin yang Anda coba buat.

Penting juga untuk diingat bahwa ketika menggunakan teleprompter atau naskah, mudah untuk melupakan sesuatu – terutama ketika gugup. Tidak ada kekhawatiran seperti itu apabila Anda tidak memiliki apa pun yang dituliskan! Anda tidak perlu khawatir melupakan sesuatu atau tersandung kata-kata karena semuanya sudah dihafal sebelumnya!

Bonus tambahan? Mampu menjawab pertanyaan dengan lebih mudah karena apa yang sudah dikatakan tidak akan hilang dari ingatan

Berlatih Pada Teman Anda

Ada sejumlah cara untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum. Anda dapat berlatih di depan teman, keluarga, dan bahkan orang asing. Penting untuk mendapatkan umpan balik dari audiens Anda sehingga Anda tahu apakah pidato Anda efektif atau tidak.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan berlatih dengan cermin, kamera video dan / atau penonton langsung. Hal utama tentang berlatih di depan cermin adalah bahwa hal itu akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan tepat bagaimana audiens melihat Anda ketika menyampaikan pidato Anda. 

Anda juga harus mencoba merekam diri Anda sendiri saat memberikan pidato karena ini akan memungkinkan analisis yang lebih baik tentang apa yang berjalan dengan benar dan di mana perbaikan dapat dilakukan pada kesempatan mendatang ketika memberikan pidato di depan umum.

Pelajari Cara Bersantai

Merilekskan tubuh, pikiran, suara dan pernapasan Anda adalah kunci untuk berbicara di depan umum. Ketika Anda merasa gugup saat berpidato, adalah normal jika Anda ingin menegangkan otot-otot Anda dalam upaya untuk tampil percaya diri. Hal ini bisa membuat Anda terlihat kaku atau canggung di atas panggung. Sebaliknya, usahakan agar pikiran Anda tenang dan rileks selama proses persiapan serta saat menyampaikan setiap pidato sehingga ekspresi wajah alami Anda muncul secara alami.

Postur tubuh yang mendukung akan membantu hal ini dengan memungkinkan gerakan bebas dari anggota tubuh tanpa terlalu cepat lelah atau memberikan tekanan yang tidak perlu pada kelompok otot utama yang digunakan selama berbicara seperti bahu dan lengan yang juga penting untuk memproyeksikan nada. 

Perlu diingat juga bahwa tangan kita bisa mencerminkan tingkat kepercayaan diri kita, jadi cobalah untuk tidak mengutak-atiknya saat mempresentasikan materi! Jika memungkinkan, hindari duduk dengan cara apapun – berdiri tegak akan memudahkan baik secara mental maupun fisik ketika menyampaikan pidato dari ingatan dengan menggunakan teknik proyeksi vokal seperti infleksi dengan benar.

Jangan Gugup

Ketika Anda berbicara di depan umum, penting untuk tetap tenang dan percaya diri. Bahkan jika Anda gugup, audiens Anda akan melihat bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan. Anda dapat berlatih berbicara di depan umum dengan memberikan presentasi tiruan dan meminta umpan balik kepada orang-orang.

Jika Anda memiliki periode tanya jawab setelah pidato, bersiaplah dengan jawaban sebelum pertanyaan diajukan. Jangan biarkan diri Anda lengah oleh apa pun!

Ingat: Bersikap ramah dan tersenyum saat presentasi selalu membantu membuat segalanya berjalan lebih lancar. Penting juga untuk diingat bahwa jika terjadi kesalahan selama presentasi Anda (misalnya, jika seseorang mengajukan pertanyaan yang membuat Anda tidak fokus), jangan panik-cukup tertawakan diri Anda sendiri! Jika semuanya gagal (atau bahkan jika tidak ada yang gagal), santai saja dan nikmati diri Anda sebanyak mungkin!

Kami harap kiat-kiat ini telah membantu Anda merasa lebih nyaman berbicara di depan umum. Semakin banyak Anda berlatih dan mempersiapkan diri, maka Anda akan semakin baik. Bahkan, Anda pun bisa mencoba mengikuti seminar public speaking. Jadi jangan gugup! Anda akan melakukannya dengan baik!

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks