Gaya Hidup

7 Cara Menghemat Listrik Saat Pandemi

CIANJURTODAY.COM – Penting kamu ketahui nih, 7 Cara Menghemat listrik di era pandemi biar pengeluaran kamu makin irit. Sebab, saat ini hampir semua peralatan mengunakan tenaga listrik.

Termasuk peralatan di rumah, mulai dari elektronik, rumah tangga, bahan bakar, air, hingga sumber daya alat lainnya yangenggunakan listrik.

Dengan banyaknya alat di rumah yang tentunya memerlukan sumber tenaga listrik, kita sebagai pengguna juga harus memikirkan bagaimana cara hemat lestrik demi juga tagihan bulanan. Terlebih, penggunaan energi yang berlebihan dapat membuat energi menjadi terbuang sia-sia bahkan bisa merusak lingkungan.

Berbagai macam cara, salah satunya 7 Cara Menghemat Listrik dan energi bisa kita lakukan, bahkan dengan cara yang amat sederhana. Meskipun sumber energi tidak bisa diperbaharui, jika membandingkan dengan jumlah penggunaannya, tapi kita bisa melakukan penghematan.

Baca Juga: Jam Berapa Toko Kelontong Terdekat Buka

Berikut ini 7 tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

Matikan Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan.

Mematikan semua peralatan elektronik jika sudah tidak kamu gunakan menjadi langkah pertama yang pasti bisa kamu lakukan. Pasalnya, peralatan eletronik yang kabelnya masih menancap meski sedang tidak kamu gunakan, akan membuat aliran listrik tetap mengalir. Sehingga, tak hayal jika tagihan listrik kamu akan selalu melonjak setiap bulannya.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Kamu pakai lampu jenis apa nih di rumah? Sekarang kamu bisa menggunakan atau beralih ke lampu hemat energi atau lampu LED. Lampu LED terbukti lebih memberikan penerangan lebih tinggi ketimbang lampu non-LED.

Kamu juga bisa hemat hingga 90 persen listrik di rumah. Meskipun harga lampu ini memang cenderung lebih mahal ketimbang bohlam, tetapi, untuk usia lampu jauh lebih awet dan ramah lingkungan.

Ventilasi dan Penerangan Cukup

Sangat kami anjurkan , dalam mendesain rumah bagusnya kamu memerhatikan ventilasi dan penerangan alami yang cukup. Ventilasi yang cukup guna membuat aliran udara dari luar bisa masuk ke dalam rumah.

Selain itu, akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik hal ini dapat mengurangi penggunaan AC atau kipas angin.

Baca Juga: Aplikasi Dating Populer Buat Kalian yang Cari Jodoh

Pergunakan Energi Listrik Dengan Efisien

Perlu kamu perhatikan, untuk menjaga penggunaan listrik kamu harus pergunakannya dengan cara efesien. Perlu kamu ketahui juga menyetrika pakaian sekali sehari akan lebih hemat listrik daripada menyetrika pakaian dalam jumlah yang sama dua kali sehari.

Karena setrika listrik memerlukan energi ekstra untuk pemanasan sebelum dapat kita gunakan.

Selain itu, energi listrik yang terpakai sebuah mesin cuci untuk mencuci 5 potong pakaian tidak jauh berbeda dengan energi untuk mencuci 10 potong pakaian. Kamu juga seharusnya mengetahui cara menggunakan alat listrik secara hemat energi. Misalnya sering membuka kulkas akan mengurangi efisiensi pendinginan di dalam kulkas.

Pakai Tangki Penampung Air

Sangat kami sarankan juga Today’s People, mengunakan tangki air sebagai penampung agar pompa air tidak sering nyala. Karena setiap kali menyalakan pompa air, perlu daya listrik awal yang lebih besar daripada daya listrik pada pengoperasian.

Jika kamu menggunakan tangki penampung air, mungkin hanya perlu menyalakan pompa air sekali sekali untuk mengisi tangki air yang bisa kamu gunakan seharian.

Gunakan Alat Hemat Energi

Produsen alat elektrik dan alat elektronik telah mengaplikasikan untuk menciptakan produk yang lebih ramah energi. Salah satu contoh teknologi hemat energi diterapkan untuk mematikan secara otomatis TV.

Dengan dapat mendeteksi jika tidak ada yang penonton atau mematikan layar komputer setelah beberapa menit tidak digunakan.

Kurangi Penggunaan Alat Listrik

Jika kamu ingin menekan penggunaan energi listrik, kamu bisa mengurangi penggunaan alat listrik. Beberapa pekerjan yang biasa menggunakan alat listrik dapat juga lakukanlah secara manual.

Misalnya, kamu bisa menghaluskan bumbu masak tanpa blender, mengocok telur tanpa mixer, mengeringkan cucian tanpa dryer, dan lain sebagainya. Selama itu cukup ringan dan bisa tanpa alat elektronik, lebih baik lakukan secara manual.

Nah itulah, 7 tips cara menghemat penggunaan enegi listrik di rumah. Sangat mudah dan bisa kamu aplikasikan guna menekan pengeluaran biaya pembayaran listrik.(ct4/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button