Tips, Trik, dan Tutorial

7 Desain Footer Web Terbaik Agar Situs Makin Cantik

CIANJURTODAY.COM – Sederhanya footer hampir sama dengan header. Apabila header berada dibagian atas pada website, sedangkan footer segala bentuk informasi baik logo perusahaan, menu, kontak, maupun informasi media sosial yang berada di bawah pada situs web. Desain web terbaik membutuhkan desain footer terbaik di halaman web anda. Meskipun mungkin tampak sederhana, tetapi itu penting untuk efektivitas dan kesuksesan situs web. 

Dalam kebanyakan kasus, perancang atau pengelola web tidak memiliki cukup waktu untuk fokus mengembangkan footer situs web. Namun, footer situs web membutuhkan perhatian khusus. Untuk menyadari pentingnya desain footer halaman yang bagus, kita harus memahami tujuannya. Footer situs web adalah bagian dari situs yang memungkinkan anda benar-benar terlibat dengan audiens anda. Misalnya, ini dapat berfungsi sebagai ajakan bertindak atau  call-to-action (CTA) yang akan mengarahkan pengunjung untuk mendaftar ke layanan tertentu yang anda tawarkan.

Ini juga membantu pengunjung menemukan artikel apa pun yang mungkin mereka cari di situs web anda. Pengunjung yang mencari informasi kontak anda akan menemukannya di bagian situs web anda tersebut. Berikut ini 7 desain footer menarik untuk website anda.

1. Avo

Data dan analitis dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang lebih tinggi. Avo memberi bisnis platform yang kuat untuk mengelola dan mengatur semua data penting mereka.

Tentu ada beberapa informasi teknis yang berat di sini, tetapi desain halaman web ini menghindari kebosanan yang dialami begitu banyak bisnis teknologi. Ilustrasi yang apik, banyak warna, dan dimensi tersebar di seluruh, memberikan energi yang menyenangkan yang menyeimbangkan aspek yang lebih serius dari produk Avo.

Dengan meminimalkan jumlah tautan dan memberikan ruang (space) yang cukup di sekitar elemen visual yang berbeda, Avo menjadikan footer yang bersih dan sederhana dengan desain yang tepat.

2. Clade Design

Clade Design penuh dengan bentuk yang kontras, interaksi mikro yang menarik, dan palet warna yang menyenangkan, beranda untuk firma desain Clade Design ini menonjol dalam kreativitasnya yang unik.

footer ini menjadi bookend yang bagus untuk bagian desainfooter. Bahkan jika anda memperhatikan, secara intuitif Clade Design memberikan kemewahan yang sederhana bagi situs anda.

Desain footer ini memberikan makna kesederhanaan. Ini terdiri dari sejumlah kecil tautan, tombol ajakan bertindak,Hubungi Kami di paling kiri layar, dan blok ikon media sosial pendek di sebelah kanan. Footer ini cocok dengan desain lainnya, dengan tata letak yang minimalis dan ajakan bertindak yang jelas serta informasi yang lengkap.

3. Desain Footer Web Terbaik: Designies

Designies memberikan elemen visualnya, ruang yang cukup untuk mengisi halaman web dengan bentuk geometris seperti kartun 3D membuat situs web Designies menjadi bagian desain yang menarik secara visual. Sebagai portal untuk desainer dan klien untuk terhubung, Designies tidak mengecewakan dengan estetika kerennya tersendiri.

Dengan tata letak situs web yang penuh dengan ruang putih, warna merah gelap pada footer mendorong perpaduan abu-abu gelap dan hitam dari desain. Tautan sebaris mengambil alih sebagai navigasi utama, dan jika seseorang ingin menjelajah ke berbagai bagian situs web, tentu mudah untuk menemukan tautan yang akan membawa mereka ke sana. Oleh karena itu, tidak ada orang yang dibiarkan menggantung tanpa sarana navigasi yang jelas, di mana pun mereka berada.

Dengan ruang besar yang ada untuk pendaftaran buletin mereka dan kombinasi warna yang trendi, footer Designies menjadikannya penutup yang sempurna untuk halaman arahan(landing page) mereka.

4. Fiddler Labs

Fiddler Labs cocok bagi mereka yang terbiasa dengan seluk-beluk AI dan ilmu data. Meskipun menampilkan banyak informasi teknis, situs ini juga menawarkan jumlah desain kreatif yang sama. Gulir yang pendek (Short scrolls) mengungkapkan visual berlapis, memberi tata letak rasa dimensi, dan tangkapan layar animasi, ikonografi, dan elemen visual lainnya membuat semuanya tetap menarik.

Footer ini menampilkan perincian langsung dari pengelolasitus. Terdapat pengaturan yang terdiri dari dua item per kolom di awal, item ini membentuk formulir email di sebelah kanan. Tentu hal tersebut merupakan visual yang menarik dan juga memandu seseorang langsung ke formulir berlangganan.

5. Hologram

Desain Footer ini menyediakan apa-apa yang klien butuhkan untuk menghubungkan teknologi mereka dengan berbagaijaringan seluler. Baik itu skuter listrik, drone, atau sensor pada peralatan industri, hologram dan apapun yang mereka.

Footer ini merupakan contoh desain pada bidang teknologi khusus dengan beberapa kerumitan, tetapi Hologram dapat memberikan dan membuat desain ini menarik secara visual. Dengan animasi yang dipicu ketika kita scroll dan interaksi mikro, desainnya menawarkan banyak peluang untuk terlibat serta bernavigasi lebih jauh ke dalam konten mereka.

6. Desain Footer Web Terbaik: Savvy

Desainnya menampilkan satu blok footer besar di bagian bawah halaman web dengan garis lurus dan kotak yang lebih kecil dengan sudut membulat di atasnya berisi tombol ajakan bertindak untuk “Memulai.”

Savvy membuat alat dan aplikasi khusus untuk bisnis dengan kode rendah, dan tata letak Z (Z-layout) yang dapatmenunjukkan semua yang mereka lakukan. Desain web ini mengarah langsung ke konten footer, dengan tautan sebaris(Inline Link) yang mengarah ke halaman paling penting dan formulir berlangganan email sebagai ajakan bertindak kepada pengunjung.

7. Astra

Peretasan situs web tentu dapat menyebabkan masalah besar. Ada kemungkinan yang sangat nyata data sensitif yangdimiliki diambil alih. Perangkat lunak Astra membantu bisnis dan lainnya menjalankan situs web dengan pertahanan yang kuat terhadap serangan siber (cyber).

Ini bisa menjadi kerja keras yang panjang melalui kesuraman dan malapetaka yang dilakukan peretas, tetapi desain Astraberfokus pada optimisme untuk dibebaskan dari kekhawatiran tersebut. Dengan skema warna biru, oranye, dan kuning, ini adalah pengalaman pengguna yang tentu menggembirakan.

Footer ini memiliki kumpulan kolom yang seragam, tautan sebaris ke seluruh situs web, dan blok media sosial yang rapi, tata letak linier ini kontras dengan desain lainnya, menjadikannya titik akhir (end point) yang sempurna.

Itulah 7 desain footer terbaik untuk website yang bisa anda gunakan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks