Gaya Hidup

7 Rekomendasi Film Kisah Pahlawan Indonesia, Wajib Nonton!

CIANJURTODAY.COM – Menyambut Hari Pahlawan 10 November, Cianjur Today kasih rekomendasi film kisah Pahlawan Indonesia nih, simak baik-baik, ya.

Pahlawan Indonesia banyak berkorban baik memperjuangkan kemerdekaan maupun mencerdaskan anak bangsa.

Menonton film kisah Pahlawan Indonesia sebagai wujud rasa terimakasih kepada para pahlawan.

7 Rekomendasi Film Kisah Pahlawan Indonesia

  1. Kartini (2017)

Rilis 2017 lalu, merupakan film garapan Hanung Bramantyo dan jadi film ke tiga Kartini yang tayang dilayar perfileman.

Diperankan Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti.

Film Kartini berkisah tentang bagaimana saat Kartini (diperankan Dian Sastro) memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki. Ia juga menyetarakan hak bagi semua orang, baik bergelar ningrat maupun rakyat biasa.

Selain itu juga berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin, dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua masyarakat Jepara.

  1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Meski sempat tuai kontroversi, film Soekarno yang disutradarai Hanung Bramantyo tetap tayang sejak 2013 lalu.

Diperankan oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, film ini berkisah tetang masa kecil sang proklamator RI yang dulunya bernama Kusno, yang kemudian berlanjut ke masa remaja, kisah cintanya, sampai usahanya memperjuangankan kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. Sang Kiai (2013)

Film kolosal produksi Rapi Film ini mengangkat kisah hidup KH Hasyim Asy’ari, seorang ulama karismatik yang merupakan salah satu tokoh kunci kemerdekaan Indonesia.

Film yang sarat dengan unsur komedi ini disutradari oleh Rako Prijanto dan dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan tanah air seperti Christine Hakim, Ikranagara, dan Agus Kuncoro.

  1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film Pahlawan Indonesia selanjutnya ialah Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film ini mengisahkan perjuangan tokoh HOS Tjokroaminoto dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera.

Film yang berlatar pada masa penjajahan ini disutradari oleh Garin Nugroho dan diperankan oleh Reza Rahardian.

  1. Jenderal Sudirman (2015)

Berkisah tentang perjuangan Jenderal Sudirman saat menghadapi serangan Agresi Militer ke II Belanda.

Di film ini juga terdapat beberapa tokoh besar lainnya seperti Soekarno, Moh. Hatta, Tjokropranolo, dan Tan Malaka yang berperan membantu perjuangan sang tokoh utama. Film ini disutradari oleh Viva Westi.

  1. Wage (2017)

Menceritakan tentang kehidupan tokoh Wage Rudofl Soepratman yang merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Melalui film ini, Sutradara John De Rantau mencoba untuk menunjukkan sisi baru WR Soepratman yang belum diketahui banyak orang.

  1. Musikal Bagindo Azichan

Musikal Bagindo Azizchan merupakan film yang diadaptasi dari buku Bagindo Azizchan 1910-1947 Pahlawan Nasional dari Kota Padang yang ditulis oleh Siti Fatimah, Emizal Amri, dan Yasrina Ayu, serta disunting oleh editor ahli Prof. Dr. Mestika Zed, MA.

Terinspirasi dari kisah Pahlawan Nasional Bagindo Azizchan yang sarat akan pesan moral serta semangat perjuangan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama Teater Keliling mempersembahkan film ‘Musikal Bagindo Azizchan’ karya dan sutradara Rudolf Puspa.

Film ini diharapkan mampu menjadi tontonan yang menghibur dan memberikan nilai-nilai positif untuk masyarakat khususnya generasi muda.

Film ini tayang perdana, Selasa, 9 November 2021 pukul 19.00 Wib melalui kanal Youtube: Budaya Saya.

Demikian 7 rekomendasi film kisah Pahlawan Indonesia, selamat menonton ya!(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button