Pendidikan

8 Situs Belajar Online Gratis yang Bikin Kamu Semangat Sekolah!

CIANJURTODAY.COM – Ada beberapa platform atau situs belajar online yang gratis berkat kebijakan pemerintah. Mengingat, masih banyak pelajar yang membutuhkan ilmu tambahan, dari yang didapatkan di sekolah. Apalagi, yang sampai saat ini penerapan sekolah daring atau jarak jauh masih dilakukan.

Hal tersebut membuat beberapa pelajar, khususnya dari kalangan menengah ke bawah, tentu sangat membutuhkan akses ke situs belajar online gratis.

“Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa,” ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dalam keterangan resminya.

Situs Belajar Online Gratis

Simak 8 Platform atau situs belajar online yang di gratis berkat pemerintah berikut ini.

Rumah Belajar

Rumah Belajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya, yang bisa memberikan akses belajar kepada siapa pun. Di situs ini, kamu bisa mendapatkan berbagai fitur unggulan, yang bisa diakses tidak hanya oleh peserta didik, tapi juga para guru.

Situs ini dibuat Kemendikbud agar para pelajar yang membutuhkan fasilitas belajar online, bisa memanfaatkannya. Adapun, kamu bisa belajar menggunakan fitur Sumber Belajar, Kelas DIgital, Laboratorium Maya, hingga Bank Soal.

Situs: https://belajar.kemendikbud.go.id

Zenius Education

Situs atau platform belajar online yang satu ini, bisa membantu kamu para pelajar, agar bisa memiliki pemikiran yang lebih kritis juga bisa belajar mandiri di rumah dengan efektif, terarah, dan terukur.

Zenius Education, juga menyediakan setidaknya 80 ribu video pembelajaran, agar para pelajar bisa mendapatkan proses belajar secara mandiri, yang lebih terstruktur.

Situs: https://www.zenius.net/belajar-mandiri

Kelas Pintar

Pendiri Kelas Pintar Fernando Uffie, mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak lantas membuat proses belajar siswa terhenti.

Siswa bisa tetap belajar secara online, guru bisa tetap memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orang tua bisa memonitor perkembangan belajar anaknya. Semua itu bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi seperti Kelas Pintar yang bisa di akses secara gratis.

Situs : https://ww.kelaspintar.id

Sekolahmu

Radinka Qiera, Direktur Sekolahmu juga telah menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring ini ditujukan bagi seluruh murid, guru, bahkan orang tua.

Sekolahmu juga menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis dan juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel.

Situs: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Quipper

Quipper menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan akses dan material gratis bagi sekolah, guru dan siswa. Guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa.

Hal ini termasuk video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia.

Situs: https://www.quipper.com

Google Indonesia

Google membantu para siswa dan guru di Indonesia untuk dapat melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melalui G Suite for Education – alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang tersedia gratis dari Google.

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Microsoft

Benny Kusuma, Education Lead PT. Microsoft Indonesia menjelaskan pihaknya menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid.

Guru juga dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lainnya di dalam teams class tersebut.

Situs : https://www.microsoft.com

(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker