Today

ACT Kini Hadir di Cianjur, Siap Emban Tugas Dalam Kegiatan Kemanusiaan dan Kebencanaan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Terus aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan kebencanaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kini hadir di Cianjur. Sebagai lembaga nirlaba profesional, ACT memfokuskan diri mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan pascabencana.

“Alhamdulillah untuk dapat lebih cepat dan tepat dalam aksi kemanusiaan, Januari 2021 ACT membuka cabangnya di Cianjur. Yaitu di jalan Pasir Gede Raya RT 02/RW 21, Cianjur,” jelas Kepala Cabang ACT Cianjur, Ismail (45) saat diwawancarai Cianjur Today, Kamis (15/4/2021).

Saat ini, lanjutnya, ACT sudah ada di 62 kabupaten atau kotamadya dari 34 propinsi di Indonesia. Jadi total ada 96 kantor cabang di Indonesia.

“Insya Allah, kami akan terus bertumbuh di semua kabupaten di Indonesia untuk memaksimalkan misi kemanusiaan agar manfaat yang disalurkan dapat tersampaikan dengan cepat dan tepat,” lanjutnya.

Menurut Ismail, Cianjur sendiri menjadi kawasan yang rentan terjadi bencana alam, termasuk beberapa masalah sosial juga menjadi misi di Cianjur.

“Menurut data BPBD, di Cianjur ada 10 titik rawan bencana seperti wilayah selatan adanya pergerakan tanah, longsor termasuk ancaman tsunami di kawasan pesisir pantai. Wilayah timur adanya ancaman banjir bandang dan untuk bidang sosial juga banyak permasalahannya. Mulai dari faktor pendidikan, kesehatan, pengangguran, terutama saat pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Pada bulan ini, ACT mempunyai program Gerakan Sedekah Pangan Ramadan (GSPR), yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kekurangan, terutama yang saat ini terdampak Pandemi Covid-19 di tahun kedua.

Ismail menambahkan, ACT Cianjur berkoordinasi dengan MUI Cianjur dalam pengadaan sebanyak 500 kitab Al-Quran untuk membantu masjid di Leles karena dampak banjir pada 2020.

“Program GSPR baru tersalurkan 5,5 ton beras untuk 40 desa dengan jumlah penerima manfaat perorangan kurang lebih 2.500 orang. Target ACT Cianjur Insya Allah, masyarakat yang kurang mampu di semua desa di Cianjur dapat merasakan manfaat dari Gerakan Sedekah Pangan Ramadan ini. Tentunya ini juga membutuhkan bantuan sahabat dermawan di Cianjur untuk dapat memberikan bantuan melalui ACT,” kata Ismail.

Ke depannya, berencana menjajaki kemungkinan adanya wakaf ternak kambing perah bersama salah satu yayasan pesantren di Cianjur. Tujuannya agar keperluan susu untuk warga kurang mampu bisa mulai terpenuhi, pesantren bisa mencetak santri-santri yang hebat baik untuk ilmu keduniaan maupun keagamaan.

“Kami juga akan menyasar sekolah SMA atau SMK, bekerja sama dengan instansi terkait untuk membuat semacam pembekalan pada pelajar. Mengarahkan mereka jika selesai sekolah ingin bekerja bekal apa yang harus mereka punya, jika ingin berwiraswasta hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Insya Allah untuk usaha kecil kita buat program usaha mikro,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, ACT juga ikut dalam recovery daerah bencana untuk menerjunkan para relawan ACT.

“Kami akan melihat skala kerusakan, apakah cukup dicover oleh ACT cabang atau ACT Nasional akan turun. Contoh untuk NTT, kapal kemanusiaan dan relawan ACT sudah ke NTT untuk aksi kemanusiaan sampai recovery daerah bencana,” kata Ismail.

Cara Menjadi Relawan ACT

Bagi Anda yang ingin menjadi relawan, dan membantu masyarakat yang membutuhkan caranya mudah sekali. Anda bisa langsung mendaftar melalui
form link pendaftarannya ke bit.ly/MRICIANJUR.

“Tidak ada syarat khusus untuk menjadi relawan, yang pasti cinta NKRI dan ikhlas untuk kemanusiaan,” paparnya.

Beberapa kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan di Cianjur antara lain :

  • Banjir Leles 2020 (saat itu dicover oleh ACT Cabang Sukabumi karena belum ada Cabang Cianjur)
  • Pergerakan Tanah di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas (bantuan beras, air, dan mie instan)
  • Kebakaran di Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang (bantuan beras dan pakaian layak pakai)
  • Longsor di Kecamatan Cikalongkulonkulon (beras)
  • Pesantren Al-Furqon yg terbakar di Kecamatan Cianjur (beras dan air)
  • Pesantren Al-Muhadoroh di Kecamatan Pacet yg rubuh (Beras, air mineral, mie Instan, dan telur).

“Mohon doa dan bantuannya, kami dari ACT diberikan kemudahan dan dukungan untuk terus membantu masyarakat Cianjur. Karena untuk masalah sosial ini sudah masuk dalam agenda kami,” pungkasnya.(ega/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami