Nasional

Ada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 Nanti

CIANJURTODAY.COM – Gerhana Matahari Cincin akan hiasi langit pada Minggu 21 Juni 2020 mendatang. Gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Fenomena ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin yaitu gelap di bagian tengah dan terang di bagian pinggirnya.

Dikutip dari BMKG, wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

Selain itu, juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia yang termasuk Indonesia. Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Lokasi Gerhana di Wilayah Indonesia

Di Indonesia, gerhana ini diperkirakan akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi. Hal itu terjadi karena magnitudo Gerhana Matahari Cincin terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Dengan kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur, sekira pukul 15.19 WIB. Sedangkan, daerah yang akan mengalami waktu saat puncak gerhana paling awal adalah kota Sabang, Aceh, yang terjadi pukul 14.34 WIB.

Sementara kota yang mengalami waktu puncak paling akhir adalah Agats, Papua, pukul 17.34 WIT.
Adapun waktu kontak akhir paling awal terjadi di Tais, Bengkulu, pada pukul 15.06 WIB dan waktu kontak akhir paling akhir terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara, pada pukul 17.31 WITA.

Dengan membandingkan selisih antara waktu kontak akhir dan waktu kontak awal di setiap kota.
Dapat diketahui bahwa durasi gerhana paling sebentar akan terjadi di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu hanya selama 3 menit 17,1 detik. Sementara durasi gerhana paling lama akan terjadi di Sabang, Aceh, yaitu selama 2 jam 27 menit 11,1 detik.(ct4/rez)

Sumber: BMKG | Foto: Ilustrasi/Pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker