Today

Ada Pasar Gratisan di Taman Kreatif Joglo Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ada penampakan tak biasa di Taman Kreatif Joglo Cianjur, Minggu (23/08/2020). Warga berbondong-bondong untuk datang karena ada pasar uni bernama pasar gratisan.

Nama pasar gratisan bukan hanya sebatas nama, namun benar-benar gratis. Pengunjung bebas mendapatkan barang yang ada tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Salah seorang partisipan Pasar Gratisan, Asep mengatakan, pasar gratisan ini merupakan bentuk protes para pemuda Cianjur dalam berbagai keresahan yang terjadi di masyarakat. Itu sebabnya pasar gratisan ini memiliki konsep penolakan RUU Omnibus Law.

“Dari keresahan individu itu terkumpul, makanya pasar gratis itu jadi salah satu kolektif (komunitas) dan individu. Jadi ini bukan acara amal. Ini bentuk protes dengan cara berwenang-senang. Gak mikirin duit,” katanya.

Bahkan, dirinya mengungkapkan, acara ini memang tidak memiliki struktur kepanitiaan. Ia menyebut kegiatan ini bebas bagi siapapun, baik anak-anak maupun dewasa. Baik tua ataupun muda.

“Yang datang juga banyak dari luar kota juga ada, dari Sukabumi, dari Bandung, Jakarta itu pada dateng juga,” katanya.

Banyak komunitas yang ada dalam kegiatan ini. Seperti komunitas membaca, kesenian, dan BMX. Bahkan, UMKM dari pemuda Cianjur pun ikut berpartisipasi dalam pasar gratisan di Taman Kreatif Joglo Cianjur ini.

“Kegiatan ini sudah dua kali, tahun lalu juga digelar. Dan sekarang tahun ini yang kedua, pengennya satu bulan sekali,” kata dia.

Pasar gratisan yang bersifat bebas ini memang benar-benar tidak dibatasi. Setiap orang boleh berkunjung, berjualan, atau sekadar nongkrong. Bahkan, kegiatan ini tidak memiliki tenggat.

“Bebas aja. Yang BMX sampai capek, yang ngelukis sampai beres, yang nyablon sampai abis, gitu. Karena memang tidak ada panitia,” kata dia.

Salah seorang pengunjung pasar gratisan, Rafi (21) mengatakan, ia tertarik untuk berkunjung karena konsepnya yang sederhana dan apa adanya.

“Biasanya kalau event itu suka megah, kalau ini sederhana aja tapi bermakna gitu.” singkatnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button