Today

Ada Temuan Pemotongan Bansos di Cianjur, YLPKN Jabar: Biadab!

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Belum lama ini viral temuan pemotongan bansos di Kabupaten Cianjur, hingga membuat sejumlah pihak angkat bicara.

Beberapa kecamatan diduga menjadi korban pemotongan bansos di Cianjur tersebut di antaranya, Kecamatan Agrabinta, Sindangbarang, dan Kadupandak.

Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara (YLPKN) Jawa Barat, Hendra Malik membenarkan hal tersebut. Ia pun kerap mendapatkan informasi soal pemotongan bansos BST di Cianjur.

“Saya rasa ini biadab sekali, orang-orang yang melakukan seperti itu. Karena dengan kondisi sulit seperti saat ini, masyarakat sedang kesusahan maka pemerintah pusat mengucurkan bantuan,” jelas Hendra kepada Cianjur Today, Senin (2/8/2021).

Ia mengatakan, bansos memang sudah ada dan sampai, serta siap disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), namun tetap ada pemotongan.

“Harus dicari siapa pemotongnya dan diadili seadil-adilnya,” ungkap Hendra.

Namun, lanjutnya, banyak masyarakat yang tidak melapor dengan berbagai kendala. Seperti ketakutan, tidak tahu cara melapor, atau adanya intimidasi.

“Kita nggak bisa berpangku tangan dengan menunggu bukti atau pelapor datang. Pemerintah harus hadir dan datang ke lapangan melakukan pemeriksaan. Kalau ada, langsung proses hukum jangan hanya nunggu. Kebayang kalau di Cianjur selatan harus lapor ke mana, terus ada intimidasi dan sebagainya,” beber Hendra.

Pihaknya berharap, pemerintah bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Termasuk, memberikan perlindungan yang sungguh-sungguh.

“Kami siap mendampingi selama mereka melakukan pengaduan pada kami. Karena kami juga sedang melakukan monitoring di beberapa program, baik pusat atau daerah kami siap mendampingi,” tandas dia.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button