Today

Agustusan di Tengah Pandemi Covid-19, Bolehkah?

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Jelang Bulan Agustus, biasanya masyarakat mempersiapkan diri untuk menyambut hari kemerdekaan. Untuk memeriahkan, masyarakat biasanya membuat kegiatan perlombaan sampai hiburan.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, apakah diperbolehkan menggelar kegiatan seperti itu? Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, pada prinsipnya segala kegiatan diperbolehkan asal menerapkan protokol kesehatan.

“Pada prinsipnya semua kegiatan sesuai arahan gubernur bisa dilaksanakan, namun harus menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya kepada Cianjur Today, belum lama ini.

Ia mengatakan, ada beberapa pengecualian khususnya untuk pendidikan. Harus melewati fase dari mulai yang tertinggi seperti SMA, SMP, hingga SD sesuai penggolongan resiko kesehatan.

Namun, tidak serta merta segala kegiatan diperbolehkan. Khusus untuk kegiatan yang disinyalir dapat mengundang banyak orang, Yusman mengatakan, harus mendapatkan izin dari Gugus Tugas terlebih dahulu.

“Sebelumnya untuk kegiatan yang mengundang banyak orang untuk datang, mereka harus membuat surat izin ke Gugus Tugas. Kemudian nanti dari pihak Gugus Tugas akan monitoring langsung. Tapi untuk kegiatan besar,” katanya.

Ia pun menjelaskan, kegiatan-kegiatan kini telah diperbolehkan untuk digelar dengan protokol kesehatan. Terutama kegiatan yang menyangkut ranah ekonomi.

“Sudah dibolehkan terutama terkait ekonomi. Karena emang dari permendagri yang baru, lebih memberi porsi besar ke sisi ekonomi, tapi kesehatan juga sama besarnya.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami