Today

Air Drainase Meluap, Sejumlah Titik di Wilayah Cipanas dan Pacet Diterjang Banjir

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Sejumlah wilayah di Kecamatan Cipanas dan Pacet diterjang banjir usai hujan yang terus mengguyur deras sejak pukul 13.00 Wib, Selasa (26/1/2021). Akibatnya, air mengenangi beberapa titik jalan protokol Cipanas hingga sempat menghambat arus lalulintas.

Menurut K3 Cipanas, Dede Ikhsan mengatakan, hujan turun deras sejak jam 13.00 Wib hingga sore tadi jam 15.00 Wib, sehingga sejumlah wilayah Cipanas dan Pacet terjadi banjir.

“Iya kang, di beberapa titik di wilayah Cipanas dan Pacet terjadi banjir ringan akibat hujan dan luapan air dari drainase,” ujarnya saat dikonfirmasi Cianjur Today, Selasa (26/1/2021).

Menurutnya, adapun banjir yang memasuki rumah warga memang sudah sering terjadi akibat hujan. Hal itu, lanjut Dede, disebabkan drainase yang penuh sampah dan tidak dibersihkan secara rutin, sehingga meluap dan membanjiri pemukiman warga.

“Ini terjadi karena memang kurangnya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya dan darinase tidak dibersihkan secara rutin. Tidak heran jika kini terjadi banjir,” jelasnya.

Banjir cipanas pacet
BANJIR: Sejumlah wilayah di Kecamatan Cipanas dan Pacet diterjang banjir usai hujan yang terus mengguyur deras sejak pukul 13.00 Wib, pada Selasa (26/1/2021).(Foto: Rendi Irawan/Cianjurtoday.com)

Dede menyebut, banjir tersebut meliputi Jalan Raya Cimacan dan beberapa perumahan warga. Termasuk di Jalan Raya Pacet dekat dengan Hotel Delaga Biru.

“Saya mengimbau kepada masyarakat stop buang sampah ke selokan, sungai, dan drainase. Koordinasi dengan kami bila kesulitan untuk buang sampah. Karena kalau sudah banjir begini semua pihak yang akan kesulitan dan dirugikan,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Relawan Tangguh Bencana (Retana) Desa Cimacan, Novi menuturkan, memang kerap terjadi banjir ringan di Jalan Raya Cimacan menuju rumah warga dan Villa Valley dan depan DSE akibat hujan dan air drainase yang meluap.

“Iya kang betul, memang tidak hari ini saja terjadi banjir melainkan setiap waktu saat hujan tiba. Karena memang kecilnya saluran drainase, ditambah masih banyak warga yang membuang sampah ke selokan. Sehingga ketika hujan air akan meluap keluar karena banyak sampah yang menutupi aliran air,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks