Today

Ajak Konsumen Kelola Sampah, Danone-AQUA dan Alfamart luncurkan Reverse Vending Machine

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Danone-AQUA bekerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay, gerakan sosial berbasis platform digital. Mereka meluncurkan inovasi terbaru berupa AQUA Reverse Vending Machine (RVM) atau Mesin Penukaran Botol plastik paska konsumsi bagi masyarakat untuk memfasilitasi pengelolaan sampah plastik.

Inisiatif teranyar ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik dengan mengumpulkan dan mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi dengan benar.

Danone-AQUA dan Alfamart Mempermudah Masyarakat Mengelola Sampah Botol Plastik Lewat Reverse Vending Machine. Dan, terlebih lagi, RVM ini adalah buatan lokal 100%.

Reverse vending machine yang diinisiasi Danone-AQUA bersama Alfamart ini, untuk tahap pertama akan berada di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

“Bagi Danone-AQUA, inisiatif ini merupakan bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018. Gerakan ini selain bertujuan mempertegas posisi perusahaan sebagai pelopor pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik paska konsumsi. juga untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70 persen di 2025,” kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Vera menambahkan, Mengacu pada hasil riset dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen, untuk itu upaya inovatif harus ada untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas.

Ia memastikan komitmen #BijakBerplastik Danone-AQUA yang ditopang oleh tiga pilar utama, yaitu pengumpulan, edukasi, dan inovasi akan berjalan secara terus menerus dan berbarengan.

Oleh karena itu kerjasama untuk meluncurkan RVM ini merupakan salah satu contoh konkret dari komitmen tersebut.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay serta berharap inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan untuk Indonesia yang lebih bersih,” tambahnya.

Komitmen Alfamart Sahabat Bumi

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin  mengapresiasi kerjasama dengan Danone-AQUA karena ikut berkontribusi memberikan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Komitmen Alfamart Sahabat Bumi ditunjukkan dengan kerjasama untuk menginisiasi alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut bijak mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi.

“Kami melihat jaringan kami yang berjumlah lebih dari 16.000 gerai dan tersebar di seluruh Indonesia merupakan kekuatan luar biasa yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat sekaligus memberi kemudahan bagi mereka untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik yang menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini,” ucap Solihin.

Pihaknya sangat bangga Alfamart dan Danone-AQUA berperan sebagai pelopor daur ulang kemasan botol plastik paska konsumsi berkomitmen dalam peluncuran reverse vending machine ini.

Komitmen Alfamart sebagai sahabat bumi untuk lingkungan, tambahnya, sudah ditunjukkan dengan mengurangi konsumsi plastik belanja sejak tahun 2016.

Selain itu, kegiatan untuk menjaga lingkungan hidup juga intens dilakukan dengan melakukan penanaman pohon secara massal di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui reverse vending machine ini, masyarakat diajak mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi melalui empat langkah mudah.

Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi, kemudian membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat.

Memindai barcode pada botol plastik PET paska konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM, Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik “AmbilPoin” pada aplikasi PlasticPay.

Kelola Sampah Plastik Secara Maksimal

Suhendra Setiadi, CEO PlasticPay mengatakan melalui kerjasama dengan Danone-AQUA dan Alfamart, perusahaan yang memiliki komitmen daur ulang kemasan botol plastik paska konsumsi yang kuat dan jaringan toko yang luas, PlasticPay optimistis dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas.

Melaui hal ini reverse vending machine yang merupakan seratus persen karya anak bangsa ini dapat berkontribusi secara maksimal dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia secara berkelanjutan.

“Prosesnya, seluruh kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung di bawa ke RBU (Recycle Business Unit) binaan Danone-AQUA yang berada di 6 lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan,”ujarnya.

Suhendra menambahkan, kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul kemudian akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA.

Selain mudah dan cepat, inisiatif ini juga menawarkan reward dari setiap poin yang dikumpulkan. Untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA akan mendapatkan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastic dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga dalam proses untuk bisa menggunakan Alfagift Points.

Dengan mekanisme ini, AQUA RVM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat untuk mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi mereka, sehingga mengurangi sampah plastik yang tidak terkumpul dan terkelola dengan benar.(adv)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button