Today

Akses Warga Terhambat, Jembatan Penghubung Antar Desa di Cianjur Putus

CIANJURTODAY.COM, Gekbrong – Jembatan penghubung antar desa di Kampung Cihurip RT 01/ RW 09 Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur terputus akibat hujan intensitas tinggi, Jumat (4/11/2022).

Akibatnya, akses jalan satu satunya warga antar desa yakni Desa Cikahuripan dan Desa Pasir Bedil Kecamatan Gekbrong, dan sebagai penghubung akses perekonomian warga lumpuh total.

Hingga saat ini, Jembatan tersebut belum bisa dilintasi pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Baca Juga: Warga dan Polsek Tanggeung Bangun Jembatan Gantung yang Rusak

Kepala Desa Cikahuripan, Tubagus M Daud mengatakan, peristiwa robohnya jembatan tersebut terjadi pada malam dininhari sekitar pukul 23.00 Wib.

“Beruntung tidak ada korban robohnya jembatan yang terbelah, karena kejadiannya malam,” kata kades saat dihubungi wartawan, Minggu (6/11/2022).

Menurutnya, putusnya jembatan tersebut membuat perekonomian warga terhambat, karena jembatan tersebut satu satunya akses bagi warga di dua desa.

Namun kata dia, Pemdes Cipanas telah berkoordinasi dan melakukan pembuatan jembatan sementara bagi warga.

“Kalau tidak segera diperbaiki dan membuat jembatan sementara kasihan warga, makanya kita membuat jembatan sementara yang tidak jauh dari lokasi jembatan roboh,” kata dia.

Baca Juga: Belum Diperbaiki, Pelajar di Cianjur Bergelantungan di Jembatan Rusak Untuk Sekolah

Menurutnya, robohnya jembatan tersebut selain akibat hujan dan sungai yang meluap juga dikarenakan usia jembatan yang sudah tua.

“Mungkin jembatannya juga sudah tua. Kata warga jembatan ini sudah berusia 40 tahun dan sudah rapuh juga,” ucap dia.

Saat ini, warga bersama pihak terkait tengah melakukan gotong royong membuat jembatan darurat dengan menggunakan kayu.

“Alhamdulillah warga gotong royong membuat jembatan darurat, semoga perbaikan jembatan baru tidak lama,” pungkasnya. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button