CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Tiga pasien yang merupakan keluarga tenaga kesehatan (nakes) di Cianjur yang terpapar virus Corona dinyatakan sembuh setelah 14 hari dikarantina di Vila Bumi Ciherang. Ketiganya sempat menjalani karantina dan mendapatkan perawatan intensif dengan obat-obatan ditambah asupan vitamin.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan, test bagi ketiganya dilakukan dua kali yakni pada (23/07/2020) dan Rabu (05/08/2020) dengan hasil negatif Covid-19. Dengan demikian, tiga orang pasien itu diperbolehkan untuk pulang.

“Sudah menjalani karantina selama 14 hari dengan penanganan intensif dari dokter spesialis paru. Dilakukan swab test dua kali yang hasilnya negatif,” ujarnya, Jumat (07/08/2020).

Namun, suami dari nakes yang dirawat di Jakarta belum dinyatakan sembuh Covid-19. Saat ini, pasien itu diminta untuk menjalani karantina di Vila Bumi Ciherang.

“Kalau suaminya itu belum sembuh. Kemarin minta rujukan dirawat di sini (Cianjur) dan sudah menjalani karantina di Vila Bumi Ciherang.” tutupnya.

Tertular dari Suami di Jakarta

Sebelumnya diketahui, ketiga pasien itu dinyatakan positif setelah menjalani swab test masif yang dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur. Test dilakukan di beberapa titik dengan target semua tenaga kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas.

“Didapati satu nakespada salah satu puskesmas positif Covid-19 lalu kita lalukan trackig,” ujarnya, Jumat (17/07/2020).

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur pun langsung melakukan penelurusan ke keluarga nakes dan melakukan rapid test. Dari hasil rapid test itu terdapat tiga orang anggota keluarga reaktif Covid-19. Selain keluarga, 120 orang yang berada di sekitar kediaman nakes yang terpapar Corona pun turut dicek.

“Dari hasil swab test didapati dua orang positif dan satu orang negatif, karena kita langsung lakukan swab itu kondisinya masuk dalam kategori Golden Periode. Dua orang anggota keluarga dan nakes pun diisolasi di Bumi Ciherang yang ditangani oleh dokter spesialis paru-paru serta perawatan dengan memberikan obat disertai vitamin C dosis tinggi,” jelas dia.

Dari hasil penelusuran, jelas dia, nakes itu terpapar dari suaminya yang berdomisili di DKI Jakarta.(afs/rez)