Today

Alhamdulillah! Pasien Sembuh, Cianjur Nol Kasus Positif Covid-19

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Cianjur kini nol kasus positif Covid-19 setelah dua pasien terakhir dinyatakan sembuh. Sebelumnya tercatat jumlah positif Covid-19 Cianjur ada lima orang, dengan satu pasien meninggal dunia dan empat lainnya sembuh.

“Dari lima orang itu satu meninggal, empat orang sembuh setelah tes dua kali terakhir negatif berturut-turut. Sampai saat ini belum ada lagi kasus.” kata Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, Jumat (04/06/2020).

Jumlah PDP Tinggi

Meski begitu, sampai saat ini jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Cianjur masih terbilang banyak. Bahkan, mencapai angka ratusan untuk total kumulatif.

“Untuk PDP yang masih proses ini memang cukup banyak ada di tiga rumah sakit data di kita total ada 111. Kalau yang meninggal itu ada 29, kemudian yang sudah sembuh 40 orang. 71 orang dirawat di Cimacan Sayang sama RSDH,” jelas dia.

Sebagian besar PDP di Cianjur telah mendapatkan hasil tesnya dan dinyatakan negatif Covid-19. “Kalau yang PDP jadi positif itu cuma dua orang, satu meninggal dan satu orang sembuh,” ucapnya.

Yusman mengklaim adanya kenaikan PDP namun tidak signifikan dan fluktuatif atau naik turun. “Faktornya tentunya di situasi pandemi ini menjadi keraguan menjadi klinisi untuk menentukan apakah yang sesak ini murni penyakit lain atau Covid-19,” ujarnya.

Di sisi lain, Kabupaten Cianjur kini telah siap dengan alat tes PCR Covid-19 milik sendiri. Namun, masih harus diselaraskan dengan hasil dari Labkesda.

“Belum efektif untuk dikeluarkan hasilnya. Untuk meyakini kebenaran tesnya itu harus membandingkan hasil di labkesda, alatnya ada di rumah sakit sayang,” kata dia.

Untuk menggunakan alat itu perlu kehati-hatian dan jangan sampai berbeda hasil dengan tes di Labkesda. Dengan demikian hasil tes itu harus diselaraskan.

“Makanya ketika pasien yang saat ini di-swab sampelnya dites di rumah sakit sayang tapi dikirim juga ke Labkesda. Nanti dicompare kalau hasilnya dari heberapa pasien stabil hasilnya sama maka kita sudah bisa secara independen rumah sakit bisa mengeluarkan hasil yang sahih.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button