Opini

ALLPACK Indonesia 2022 Mendorong Inovasi Kemasan UMKM

Oleh: Harry Atmami Mahasiswa Doktor Pendidikan Seni Universitas Pendidikan Indonesia

ALLPACK Indonesia merupakan pameran kemasan internasional untuk makanan, minuman, farmasi, dan kemasan produk lainnya. Dimana ALLPACK Indonesia fokus dalam pameran teknologi pengemasan, pengolahan, percetakan dan kertas. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 12-15 Oktober 2022 di JIExpo, Kemayoran-Indonesia. Pameran ini diikuti sekitar 765 peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Jepang, Taiwan, Korea, Thailand, Italia dan Portugal.

Pembukaan acara ALLPACK Indonesia resmi dibuka pada tanggal 12 Oktober 2022, PT.Kristamedia Pratama merupakan perusahan Indonesia membuka pameran tersebut. Menurut Daud D Salim (CEO PT. Kristamedia Pratama) bahwa ALLPACK Indonesia diselenggarakan untuk terus mendorong potensi industri pengemasan Indonesia. Pameran dibuka dengan cukup meriah, dimana pelaksanaan acara ini dilakukan secara blended yaitu online dan offline. Acara offline kita bisa langsung datang ke JIExpo, sedangkan online kita bisa tergabung kedalam zoom meeting atau bisa akses di web ALLPACK.

Rangkaian acara ALLPACK selain dari pameran juga ada seminar yang berhubungan pada teknologi kemasan, dari mulai cara memproduksi kemasan hingga pada pengelolaan plastik kemasan. Pada hari pertama, kita diarahkan pada acara pameran opening ceremony dari pukul 09.30, kemudian dilanjutkan dengan isu-isu pandemic dimana topik pembahasan mengenai tantangan dalam pengopresionalan biaya yang begitu kompetitif. Pada hari kedua, rangakaian seminar cukup padat, ada beberapa sesi seminar dan diskusi yang dilaksanakan mulai dari pembahasan mengenai startegi ESG dan dekasbonisasi, sertifikasi halal pada industry kemasan hingga trend dan inovasi kemasan yang secara berkelanjutan. Yang menarik pada hari ketiga dan keempat ialah pembahasan mengenai pengelolaan kemasan bekas pakai dan pengehematan energi pada boiler dalam penurunan produksi karbon. Dari rangkaian empat hari acara, tentunya menarik diapresiasi. Selain dari pengembangan dan inovasi terkait kemasan serta bagaimana pelaku industri mengelola limbah dari industri.

Pameran ini didukung oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan beberapa asosiasi yang berhubungan dengan produk dan kemasan. Dengan dukungan dari semua stackholder diharapkan bisa mendorong potensi industri kemasan Indonesia. Sehingga dengan adanya pameran ini dapat membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memperoleh beberapa teknologi pengemasan. Karena kemasan produk memiliki fungsi yang sangat penting selain melindungi produk juga bisa memegang peranan penting dalam menunjang penjualan. Sektor ekonomi nasional bisa berkembang, karena UMKM merupakan sektor yang paling strategis yang menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Dimana perkembangan UMKM selalu memberikan hasil yang positif pada perekonomian rakyat dengan jalan meningkatkan dan memberikan perhatian UMKM.

Kemasan merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah poduk, pada bagian luar yang membungkus produk di kemas secara sederhana akan mengakibatkan produk tersebut akan tertinggal. Akan tetapi, produk yang di kemas secara menarik dan inovatif akan mempunyai nilai lebih dari sebuah produk. Inovasi dalam mengemas sebuah produk menjadi tantangan sendiri, ketika semua orang dihadapkan kepada banyak pilihan untuk memilih produk. Sehingga persaingan dalam usaha sangatlah kompetitif, karena setiap tahun dan setiap bulanya selalu ada daya tawar produk baru yang ditawarkan pada masyarakat. Saat ini masalah terbesar dari UMKM adalah kemasan dan bagaimana mengemas produk yang akan dijual. Tentu saja pameran ini menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha dan UMKM untuk bisa memanfaatkan pameran ini dengan melakukan kerjasama atau berkolaborasi, sehingga kebutuhan UMKM untuk mengembangkan kemasan mulai dari teknologi kemasan dan inovasinya abisa menunjang dalam menjalankan usaha.(*)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks