Gaya Hidup

Amalan dan Doa Nisfu Syaban, Malam Pengampunan Dosa

CIANJURTODAY.COM – Saat ini umat muslim tengah memasuki bulan Syaban. Di mana ada satu tanggal yang disebut malam Nisfu Syaban dan dianggap sebagai malam pengampunan dosa atau malam penuh maghfirah.

Malam pengampunan ini juga disebutkan dalam hadist riwayat Imam Ibn Majah.

“Nabi Saw bersabda, ‘Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah Swt akan turun dari langit ke dunia. Pada saat tersebut, sejak terbenam matahari dan Allah Swt berfirman, ‘Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar.” (HR Imam Ibn Majah).

Pada malam ini, umat muslim selalu menggelar acara pengajian bersama. Pada malam ini juga, sejumlah amalan dan doa dianjurkan untuk dilakukan.

Amalan dan Doa Nisfu Syaban

  1. Dianjurkan Membaca Surah Yasin Tiga Kali

Ustaz Abdul Somad dalam sebuah video menyebutkan, pada malam tersebut dianjurkan untuk membaca Surat Yasin tiga kali setelah maghrib.

a. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca, yakni niat panjang umur

b. Setelah membaca Surat Yasin kedua, sesudah membaca, yakni niat menolak bala.

c. Setelah membaca Surat Yasin ketiga, sesudah membaca, yakni niat hanya berharap pada Allah.

  1. Baca Al-Quran dan Surat Al-Waqiah

Pada malam ini, kita dianjurkan untuk membaca A-Quran. Surat yang dibaca selain Surat Yasin, bisa Surat Al-Waqiah.

Dilansir buku ‘Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do’a dan Zikir) karya Kholidin, surat Al-Waqiah dibaca pada malam hari. Jika dibaca pada malam Nisfu Syaban, manfaatnya akan berlipat ganda.

  1. Shalat Sunnah Tasbih

Amalan Nisfu Syaban selain puasa dan membaca Surat Yasin dan Al-Waqiah yakni sholat sunnah tasbih. Sholat tersebut diajarkan Rasulullah Saw kepada pamannya, Sayyidina Abbas RA.

  1. Perbanyak Puasa di Bulan Sya’ban

Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dari Sahabat Nabi yang bernama Sayyidina Abu Musa Al’Asy’ari RA, bahwasannya Nabi Muhammad Saw bersabda:

“Sesungguhnya Allah Swt akan memandang hamba-hambanya pada malam Nisfu Syaban (yaitu malam ke-15 di bulan Syaban), maka Allah mengampuni semua dosa setiap makhluk-Nya kecuali orang yang sedang dalam keadaan musyrik dan musyahin (yaitu yang senang menyulutkan api permusuhan)”.

Nabi Muhammad melakukan puasa malam Nisfu Syaban. Niat puasa malam Nisfu Syaban:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala.

Doa malam Nisfu Syaban

Pada malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa malam Nisfu Syaban dilansir buku Kalender Harian Ibadah Sunnah oleh Mujahidin Nur:

Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker