Gaya HidupTips, Trik, dan Tutorial

Amalkan! Tata Cara Serta Bacaan Sholat Tahajud dan Witir Lengkap

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sholat tahajud itu salat sunnah yang dilakukan malam hari. Tata cara sholat tahajud sama seperti sholat sunnah lainnya, namun dikerjakan usai tidur.

Sholat tahajud dinilai sebagai ibadah sholat sunnah paling istimewa, karena dalam Alquran disebutkan bisa membuat orang yang melakukannya diangkat ke tempat terpuji di mata Allah.

Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud

Sholat tahajud dapat dikerjakan kapan pun dari setelah isya’ hingga masuk waktu subuh. Meski begitu, waktu yang paling dianjurkan untuk sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir itu lewat tengah malam sampai masuknya waktu subuh. Apabila sholat tahajud di waktu itu, insya Allah doanya diijabah Allah SWT.

Sholat Tahajud Dikerjakan Sendirian atau Berjemaah?

Syekh al-Batini berpendapat, sholat tahajud yang dikerjakan berjemaah berdasarkan kajian fikih klasik, disebut ta’qib. Yaitu, melakukan sholat sunnah berjemaah apapun di luar sholat tarawih.

Berdasarkan Mazhab Hanafi, hukum ta’qib seperti sholat tahajud berjamaah hukumnya makruh. Ibnu Muflih menyampaikan, sholat sunnah itu dilakukan berjamaah hanya sekali.

Maka, sebaiknya sholat tahajjud ditunaikan sendiri saja jika sudah shalat tarawih. Hal ini pun disampaikan Ibnu Najim dalam al-Bahr ar-Raiq Syarh Kanz Daqaiq serta al-Kasani di kitab Bada’i as-Shana’i fi Tartib as-Syara’i.

Soal tata cara sholat tahajud, sholat sunnah ini ditunaikan 2 rakaat. Sebanyak 2 rakaat sampai jumlah rakaat tak terbatas.

Meski begitu, berdasarkan hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah menunaikan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir). Maka, tidak ada salahnya apabila kita mencontoh kebiasaan Rasulullah SAW.

Sebelum menunaikan sholat tahajud, silakan baca niat seperti berikut:

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.”

Setelah membaca niat sholat tahajud, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam.

Soal bacaan sholat tahajud, sebetulnya tidak ada kewajiban membaca doa khusus. Tetapi, merujuk kebiasaan Rasulullah SAW beliau membaca doa itu.

Artinya:

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembahkecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Itulah tata cara sholat tahajud beserta niat dan bacaan yang dapat diamalkan.

Tata Cara Sholat Tahajud 11 Rakaat

Tata cara sholat tahajud 11 rakaat biasanya ditunaikan 2 rakaat, 2 rakaat (2 rakaat sebanyak 4 kali). Lalu, ditutup dengan sholat witir 3 rakaat.

Tata Cara Sholat Tahajud dan Witir

Sholat witir merupakan sholat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang ditunaikan untuk menutup ibadah sholat sunnah yang dilakukan hari itu. Kalau kamu sudah selesai sholat sunnah tahajud dan tidak akan melaksanakan sholat sunnah lainnya, dianjurkan mengerjakan sholat witir.

Sholat witir biasanya ditunaikan dengan 3 rakaat. Tapi, apabila kondisi fisik kamu tidak memungkinkan, lakukan saja sholat witir 1 rakaat.

Berikut ini Cianjur Today berikan niat yang dapat kamu baca sebelum sholat witir.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat Salam

Buat kamu yang mau sholat witir dengan 1 rakaat saja, inilah bacaan niat sholat yang dapst kamu hafalkan.

Ushallii sunnatal witri rok ‘atan (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa.

Artinya:

“Saya niat sholat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta’alaa.

Niat Sholat Witir 3 Rakaat 1 Kali Salam

Inilah bacaan niat sholat witir 3 rakaat yang diikuti 1 kali salam.

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa.

Artinya :
“Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta’alaa”.

Selain pembahasan barusan, kamu akan menemukan banyak banget tata cara sholat tahajud yang dianjurkan. Maka, dianjurkan membaca dalil masing-masing dan amalkan tata cara sholat tahajud sesuai dengan pemahaman rasional kamu, ya.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker