CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Cianjur sudah terserap Rp100 miliar. Gugus Tugas Covid-19 Cianjur mengklaim anggaran telah digunakan secara maksimal.

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan angka yang sudah terserap diharapkan cukup untuk penanganan yang sudah dilakukan. Namun jika pandemi terus berlangsung bisa saja ada kebijakan lain.

“Sesuai arahan Pak Bupati selaku Ketua Gugus Tugas memberikan anggaran kemarin Rp100 miliar, Alhamdulillah terserap sudah betul-betul dimaksimalkan,” tuturnya di Terminal Pasirhayam Cianjur, Rabu (08/07/2020).

Gugus Tugas akan terus melakukan evaluasi terhadap penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Cianjur. Pembatasan tetap berlaku meskipun di masa New Normal atau Adaptasi Kebiasan Baru (AKB).

“Intinya bahwa new normal, AKB itu kewenangannya di kementerian kesehtan. Tapi ekonomi tetap jalan, kemudian aktifitas masyarakat harus tetap berjalan. Pendisipilan diri harus terus kita sosialisasikan pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” tuturnya.

Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, mengatakan, hampir 100 persen masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Namun, di tempat-tempat tertentu masih banyak yang tidak menerapkan.

“Kalau di tempat seperti Hypermart, Yogya dan Cipanas sudah 90 persen protokol kesehatan dijalankan. Namun di pasar tradisonal perlu menyadarkan masyarakat,” ujar dia.

Rendra mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi dengan Gugus Tugas mandiri di setiap tempat wisata bersama pengelola wisata. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan di semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Untuk di tempat wisata, gugus tugas mandiri sudah berkoordinasi dengan pengelolanya mereka juga melaksanakan. Mulai dari pintu masuk sampai pemberian suara di tempat-tempat tertentu dan dibantu dengan Babinsa dan Bhabinmas.” tukasnya.(afs/rez)