OTW PENDOPO 2020

Anggota Panwaslu Tingkat Desa Dilantik

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat desa di Kabupaten Cianjur dilantik, Jumat (13/3/2020). Mereka langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) menjelang pelaksanaan Pilkada Cianjur tahun 2020.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cipanas, Muhamad Azis, mengatakan, diselenggarakannya pelantikan dan bimtek agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Cianjur berjalan lancar. Petugas akan memantau jalannya pemilihan di daerah.

“Oleh karena itu Bawaslu mengadakan pelantikan Panwaslu agar bisa memantau berjalanya pemilihan di setiap daerah. Ketika ada kecurangan maka akan langsung dilaporkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, acara kali ini dihadiri oleh perwakilan dari Polsek Pacet, Koramil, dan Kecamatan Cipanas. Para anggota Panwaslu mengikuti bimtek agar memahami tugas dan aturan.

“Sebetulnya menjadi Panwaslu ini tidaklah mudah, sangat berat karena berkerjanya 6 sampai 8 bulan. Maka dari itu persiapakan dari sekarang, fisik, mental, sebagai modal dasar pengawas adil dan jujur,” jelasnya.

Resmi Bertugas Setelah Sumpah Jabatan

Ketua Panwaslu Kecamatan Pacet, Farhaan M Ridwan, mengatakan, Panwaslu tingkat desa di Kecamatan Pacet keseluruan ada tujuh orang. Mereka sudah resmi bertugas setelah sumpah jabatan.

“Kita langsung melakukan bimtek. Materi yang diberikan kepada para peserta terkait metode pengawasan, tugas dan wewenang, dan terkait penanganan pelanggaran,” katanya.

Ia berharap, karena Kecamatan Pacet merupakan salah satu panwas di jalur utama, netralitas petugas di desa sangat diharapkan.

“Kita diharapkan netralitas dan juga adanya pematangan materi dari mereka. Supaya penyelenggaraan Pemilu bisa jujur dan adil,” tambahnya.

Di Kecamatan Campaka, sebanyak 11 orang anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 dilantik. Kegiatan dilaksanakan di kantor Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Ketua Panwaslu Kecamatan Campaka, Deni, mengatakan kegiatan ini digelar mulai dari jam 9.00 WIB. Sebelum proses pelantikan para anggota dibekali pula dengan bimbingan teknis sebagai pengawas.

“Bimbingan ini supaya para anggota paham akan ketugasannya saat menjadi pengawas,” paparnya.

Ia menuturkan, setelah dibekali dengan ilmu para anggota langsung dilantik. Ada 11 desa se-Kecamatan Campaka yang mengikuti pelantikan itu.

“Di antaranya Desa Campaka, Cidadap, Cimenteng, Girimukti, Karyamukti, Margaluyu, Mekarjaya, Sukadana, Sukajadi, Susukan dan Wangunjaya,” ujarnya.

Deni menambahkan, dengan adanya pelantikan ini di harapkan kinerja para pengawas sesuai dengan aturan yang ada di dalam undang-undang.

“PKD bisa menjadi pengawas yang berintegritas, jujur dan adil. Sebagaimana yang tertera dalam amanat UUD 1945,” pungkasnya.(ct6/yan/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker