Today

Angka Karies Gigi Pada Anak di Cianjur Masih Tinggi

CIANJURTODAY.COM, Cilaku– Saat ini angka karies atau kerusakan gigi pada anak di Cianjur masih terbilang tinggi. Rata-rata, delapan gigi dari satu anak rentan mengalami karies atau kerusakan seperti, berlubang, karang gigi, dan radang gusi.

Sekretaris Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kabupaten Cianjur drg Sarbini menuturkan, hasil riset kesehatan dasar Kabupaten Cianjur menunjukan bahwa Cianjur adalah daerah dengan angka kerusakan atau karies gigi pada anak yang masih tinggi.

“Salah satu cara untuk menekan angka itu adalah dengan pengabdian dan penyuluhan. Tujuannya untuk meningkatkan angka kesehatan gigi,” katanya saat melakukan penyuluhan di Desa Sirnagalih kepada 400 murid SD Negeri Sirnagalih di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Jumat (25/10/2019).

Selain itu, ia pun mengungkapkan bahwa standar indeks karies minimal harus di bawah tiga secara nasional. Dengan demikian, indeks untuk Kabupaten Cianjur masih tinggi angka kerusakan giginya.

“Kami melakukan program rutin untuk menekan angka karies di antaranya dengan penyuluhan fun sikat gigi bersama. Momen itu juga dilakukan saat kegiatan hari kesehatan gigi sedunia bulan dan kesehatan gigi nasional,” tuturnya.

Kodim 0608 Melakukan Penyuluhan Bersama PDGI Cianjur

Sementara itu, Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, tujuan penyuluhan tersebut adalah meningkatkan kesehatan gigi supaya generasi mendatang lebih baik.

“Kami dari Kodim 0608 Cianjur ikut melakukan bakti sosial di Kecamatan Cilaku. Kerjasama dengan PDGI dan Ciptadent tujuannya menjaga kesehatan gigi sejak dini, serta dalam rangka menyiapkan SDM masa depan untuk bangsa,” ujar Dandim.

Dandim juga mengungkapkan, para siswa SD tersebut adalah aset bangsa yang akan menjadi penerus bangsa di masa yang akan datang. Dandim menilai, 25 tahun yang akan datang, para siswa SD tersebut akan menjadi pemimpin masa depan.

“Para siswa SD ini merupakan asset bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Mungkin 25 tahun yang akan datang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” ucap dia.

Selain itu, Kepala SDN Sirnagalih, Asep Sulaeman mengatakan, pihaknya mengapresiasi PDGI dan Kodim yang melaksanakan penyuluhan kaitan dengan mutu pendidikan anak terutama masalah kesehatan gigi kepada 327 anak ditambah dari SDN Pancawangi sebanyak 52 murid.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks