ABOUT DESA

Antisipasi Banjir, Puluhan Warga Ciranjang Bersihkan Sampah di Bawah Jembatan

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Antisipasi banjir, warga Kampung Pasir Angin RW 13 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang, bergotong royong membersihkan sampah di bawah Jembatan Kali Ciranjang, Sabtu (16/10/2021).

Hal tersebut sebagai antisipasi terjadinya banjir ketika musim hujan tiba, karena tumpukan sampah dan gulma sudah mulai menggunung.

Ketua RW 13 Kampung Pasir Angin, Aceng Alawi (48) menerangkan, setiap musim hujan, Kampung Pasir Desa Nanggalamekar Ciranjang dan Kampung Sukamanah Desa Hegarmanah Kecamatan Bojongpicung, selalu diterjang banjir bandang.

“Melihat hal tersebut, kami bersama puluhan warga melaksanakan gotong royong untuk membersihkan sampah, gulma, dan pasir yang menggunung di bawah jembatan. Supaya, bila hujan tiba, aliran air di Kali Ciranjang lancar dan tidak tersumbat sampah,” ungkapnya kepada Cianjur Today, Sabtu (16/10/2021).

Sementara itu, salah seorang pemerhati pembangunan Kabupaten Cianjur, Erwin (50) menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi aksi gotong royong tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Pembersihan sampah, gulma, dan pasir di bawah jembatan Kali Ciranjang merupakan bentuk kepedulian pada lingkungan yang kebersihannya memang harus dijaga semua pihak,” paparnya.

Namun demikian, lanjutnya, sebenarnya pembersihan sampah, gulma, kedangkalan aliran sungai dan irigasi merupakan kewenangan BBWS Citarum Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pengairan Kabupaten Cianjur.

“Karena biaya untuk pengerukan aliran sungai, kali, dan Irigasi itu sudah ada anggarannya dari pemerintah,” pungkasnya.(asi/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker