Today

Antisipasi Omicron, RSUD Cimacan Siapkan 20 Ruang Isolasi

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Mengantisipasi adanya pasien yang terpapar Covid-19 varian baru Omicron, RSUD Cimacan siapkan 20 tempat tidur atau ruang isolasi.

Dirut RSUD Cimacan, dr Juliana Aritonang mengatakan, walupun hingga saat ini belum ada pasien yang terpapar virus Covid-19 Omicron, namun langkah antisipasi sudah dilakukan.

“Kami tetap melakukan antisipasi jika memang nanti sewaktu-waktu ada pasien terpapar virus Covid-19 Omicron. Salah satunya kami menyiapkan sekitar 10 persen jumlah tempat tidur dari sebanyak 180 yang ada. Jadi sekitar 20 hospital bed,” ujarnya baru-baru ini.

Menurutnya, ketersediaan ruang atau tempat isolasi penanganan pasien tersebut, tentunya sewaktu-waktu dapat berubah sesuai situasi dan kondisi yang ada.

“Tapi nanti itu bisa berubah sewaktu-waktu, jika memang misalnya terjadi lonjakan pasien terpapar Omicron di Kabupaten Cianjur,” paparnya.

Pemkab Antisipasi Penyebaran Omicron

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur siapkan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang nantinya diperuntukkan bagi tempat isolasi pasien terpapar Covid-19 varian Omicron yang saat ini mulai menyebar di Indonesia.

“Alhamdulillah, Cianjur sampai saat ini belum menemukan adanya pasien terpapar Covid-19 varian Omicron. Semoga saja kita berharap, di Cianjur ini jangan sampai ada,” ujarnya.

“Bahkan, sudah hampir tiga bulan ini Cianjur tidak ada kasus Covid alias nol kasus,” tambahnya.

Walau demikian, kata Herman, Pemkab Cianjur tentu akan tetap mengantisipasi jika sewaktu-waktu terdapat pasien terpapar atau gejala Covid varian Omicron tersebut dengan menyiapkan dua rumah sakit yang ada Kabupaten Cianjur.

“Sebagai antisipasi, kita sudah siapkan RSUD Sayang Cianjur dan RSUD Cimacan. Tapi walaupun sudah antisipasi dari sekarang, tetap saya berharap bahwa tidak ada warga Cianjur yang terpapar Covid jenis baru ini,” ucapnya.

Antisipasi ini, Herman menuturkan, ini merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat. Sehingga Pemkab Cianjur tentu akan menerapkan apa yang disampaikan untuk pencegahan penyebaran virus yang saat ini mulai buming lagi di Indonesia.

“Iya kita siapkan dua rumah sakit itu, dengan sejumlah ruangan seperti dulu pada saat Covid-19 pertama. Tapi saya berharap, di Cianjur ini tidak ada yang terpapar penyakit tersebut,” tutupnya.(ren/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button